AM MTsN 3 Bulukumba Berjalan Lancar dan Tertib

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pelaksanaan Asesmen Madrasah (AM) di MTsN 3 Bulukumba berlangsung dengan lancar dan tertib. Diikuti sebanyak 83 siswa kelas IX  berlangsung mulai Senin 29 April hingga 6 Maret 2024. AM dilaksanakan di lima ruangan berbeda dengan pengawasan di setiap ruang.

Kepala MTsN 3 Bulukumba, Sudarmin mengatakan tujuan dari Asesmen Madrasah adalah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan. Asesmen Madrasah ini menjadi pengganti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dan Ujian Nasional (UN), sesuai dengan Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 901 tahun 2023 tentang Standar Operasional Prosedur Penyelenggaraan Asesmen Madrasah.

"Sebelum memasuki ruangan ujian, para siswa memulai kegiatan dengan salat dhuha berjamaah," ungkapnya.

Sudarmin menekankan kepada para siswa untuk mengikuti ujian dengan baik, menjaga integritas, dan menjawab dengan jujur untuk memperoleh nilai yang memuaskan.

"Gunakan waktu sebaik mungkin, jawab dengan betul hingga nilai yang keluar nantinya akan sangat memuaskan. Jawab dengan sejujurnya, nilai akan tertanam di ijazah kalian nantinya,” ungkap Sudarmin.

Lebih lanjut Sudarmin mengingatkan seluruh siswa untuk tidak banyak bercanda dalam ruangan, menjawab soal dengan serius. 

"Jangan bekerja sama dengan teman, kerjakan secara mandiri dengan penuh kejujuran," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Nirwati Masri, menyampaikan tata tertib pelaksanaan AM kepada para siswa, meminta agar mereka menaati peraturan yang ada untuk kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan asesmen.

"Pelaksanaan asesmen dilakukan secara online menggunakan Google Form, dengan setiap siswa mengerjakan soal menggunakan perangkat HP masing-masing. Mengacu pada SOP Pennyelenggaraan Asesmen Madrasah (AM), Butir Soal yang disediakan oleh madrasah mencakup berbagai bentuk, termasuk pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, dan menjodohkan," tutupnya. (sum/has/B)

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan