Meriahkan Hardiknas, SDN 265 Bintarore Galakkan Permainan Tradisional 

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024, SDN 265 Bintarore Bulukumba menggelar berbagai permainan tradisional bagi murid usai melaksanakan upacara bendera peringatan Hardiknas, Kamis 2 Mei 2024.

Guru SDN 265 Bintarore Bulukumba, Andi Rifandy mengatakan permainan tradisional adalah salah satu unsur kebudayaan yang tertanam dalam rakyat Indonesia. Permainan ini tumbuh dan berkembang di beberapa daerah, yang sarat akan nilai budaya dan tata kehidupan masyarakatnya.Permainan tradisional menghadirkan kegembiraan kepada anak-anak yang melakukannya, serta memberikan beberapa nilai pembelajaran ketika melaksanakannya, seperti mengajarkan kerja sama, kekeluargaan, serta melatih fisiknya.

"Ada dua permainan tradisional yang kami adakan dalam memeriahkan Hardiknas tahun ini yakni permainan tradisional Galahadang dan tarian tradisional dan kreasi. Dimana semua murid diberikan keleluasaan untuk bermain menikmati permainan tersebut," ujarnya.

Ia menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah kembali mengingatkan dan melestarikan budaya kearifan lokal dengan berbagai  kegiatan yang sangat meriah di sekolah, dengan adanya kegiatan seperti ini setiap tanggal 2 Mei memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

"Kami sebagai pendidik tentu memberikan kesan yang positif kepada seluruh warga sekolah dengan mewujudkan transpormasi pendidikan yang berpusat pada murid sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman berdasarkan filosofis Ki Hajar Dewantara dimana sebagai guru menuntun anak didik untuk diberikan bimbingan dan pembinaan agar mereka bisa merasakan kesenangan, kemerdekaan dan kebahagiaan dalam hidupnya," tutupnya. (sum/has/B)

  • Bagikan