Perkuat Sinergitas, SMKN 9 Jalin MoU dengan Yamaha Makassar

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 9 Kabupaten Bulukumba melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum Of Understanding (MoU) dengan PT Yamaha Suraco Jaya Abadi Motor Makassar, akhir pekan kemarin.

Kepala SMKN 9 Bulukumba, Nurhayati mengatakan mengelola pendidikan di SMK menjadi perkara wajib atau kebutuhan yang mutlak untuk meningkatkan kualitas dan kapabilitas para peserta didiknya di dunia usaha.

"Peningkatan tersebut dapat dilakukan dengan menjalin program kerjasama atau kemitraan dengan berbagai dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja (DUDIKA) yang ada juga sebagai upaya memperkuat sinergitas," ujarnya, Kamis, 2 Mei 2024.

Nurhayati menuturkan melalui MoU ini tentu akan mempermudah pihak sekolah melakukan kemitraan dengan DUDIKA, diantaranya melalui Program Kerja Lapangan (PKL), proses pembelajaran berbasis industri sampai penyusunan kurikulum bersama.

"Harapan yang ingin dicapai adalah nantinya para siswa setelah lulus SMK dapat diterima langsung di dunia kerja," tuturnya.

Nurhayati menambahkan penandatangan MoU tersebut juga merupakan bagian dari paradigma baru dalam pengembangan kurikulum merdeka di pendidikan vokasi.

"Dalam penerapan kurikulum merdeka ini, diharapkan muncul pengembangan-pengembangan baru dan semakin nyata pelaksanaannya. Dimana siswa diharapkan lebih kreatif, inovatif serta adaptif dengan dunia industry," tutupnya. (sum/has/B)

  • Bagikan