Dua Peserta Didik MA Nurul Falah Terpilih Sebagai Peserta ASEAN DSE 2024

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Rusli dan Nurhalisa peserta didik Madrasah Aliyah (MA) Ponpes Nurul Falah Kabupaten Bulukumba terpilih sebagai peserta dalam kegiatan ASEAN Data Science Experience (DSE) 2024 dari ribuan peserta yang mendaftar.

Selaku Pembina, Yasir Husain menyampaikan program ASEAN DSE merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh ASEAN Foundation. 

Pada tahun ini, ASEAN Foundation berkolaborasi dengan Dampak Sosial Indonesia menyelenggarakan ASEAN Data Science Explorers Enablement Session (ASEAN DSE) yang bertujuan untuk meningkatkan skill digital kaum muda Indonesia dalam menghadapi era digital yang semakin maju di masa depan.

"Kegiatan ini juga didukung oleh Direktorat SMA Kementerian Pendidikan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) RI. ASEAN Foundation bersama Direktorat SMA Kemendikbudristek RI membuka seleksi se-Indonesia untuk pelajar tingkat SMA dengan mengisi Survei pengetahuan terkait Data Science," ungkapnya, Minggu, 5 Mei 2024.

Yasir menyampaikan di MA PP Nurul Falah Borongganjeng Bulukumba ada tiga peserta didik yang ikut seleksi dan dua di antaranya berhasil terpilih menjadi peserta ASEAN Data Science Experience 2024 dari ribuan siswa-siswi yang mendaftar.

"Hanya ada 40 orang yang terpilih se-Indonesia. Program ini adalah penembangan skill data cience dan digital bagi pelajar mengingat Profesi Data Science sangat dibutuhkan di era digital saat ini. ASEAN Foundation menyiapkan Data Science dari kalangan pelajar sejak dini untuk dibutuhkan di masa depan. Seleksi sebelumnya digelar 20-30 April 2024," sebutnya.

Ia menjelaskan selanjutnya, peserta terpilih akan menjalani pelatihan yang dilaksanakan oleh ASEAN Foundation selama 2 Minggu, dimulai 15 Mei 2024. Setelah pelatihan selesai, para peserta akan diberikan sertifikat internasional dan dikukuhkan sebagai alumni ASEAN Data Science Experience 2024.

"Kami bersyukur karena kembali ada siswa MA PP Nurul Falah membawa nama madrasah ke ajang nasional. Ini membuktikan bahwa kerja keras kami semua guru-guru bisa membuahkan hasil. 

Salah satunya pada ajang ASEAN Data Science Experience 2024 ini. Kami berharap, siswa kami yang lolos bisa memanfaatkan kesempatan emas ini dengan baik. Kami ingin pengalaman dan pengetahuan mereka selama menjalani pelatihan ASEAN Data Science Experience 2024 bisa diterapkan secara luas di MA PP Nurul Falah," tutupnya. (sum/has/B)

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan