CPNS 2024 Jadi Incaran, Ini Daftar 7 Kementerian yang Buka Kuota Besar-besaran

  • Bagikan

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Info terbaru untuk pemburu dan yang ingin mengabdikan dirinya sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

Untuk pendaftaran tahun 2024 ini dibuka formasi CPNS dan PPPK besar-besaran oleh seluruh lembaga dan kementerian di Indonesia.

Tercatat akan ada sampai tujuh Kementerian yang membuka formasi CPNS dan PPPK dengan jumlah yang sangat besar.

Tentunya sangat sayang jika peluang ini dilewatkan begitu saja. Bagi yang memang mengabdikan dirinya untuk Indonesia.

Untuk proses pendaftaran dan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) akan segera dimulai pada Juni 2024.

Seperti yang diketahui, seleksi tahun ini, pemerintah akan membuka total 2,3 juta formasi.

Formasi tersebut terdiri dari Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Sebanyak 225 ribu formasi CPNS akan dibuka khusus untuk penempatan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kemudian untuk 1,6 juta PPPK dibuka untuk menyelesaikan masalah tenaga honorer.

Tujuh kementerian dan lembaga telah mengumumkan jumlah formasi yang akan mereka buka tahun ini.

1). Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

Untuk Kemenhub mendapat persetujuan untuk membuka 18.017 posisi, terdiri dari CPNS dan PPPK. Nantinya, calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), dengan rincian 1.385 CPNS Tenaga Teknis, 6 CPNS Tenaga Kesehatan, 16.543 PPPK Tenaga Teknis, dan 83 PPPK Tenaga Kesehatan.

2). Kementerian Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

Untuk Kementerian PUPR akan menerima 26.319 orang. Dengan masing-masing, 3 orang CPNS tenaga kesehatan dan 19.931 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tenaga teknis.

3). Kementerian Agama (Kemenag)

Lalu untuk Kemenag sendiri mengumumkan pembukaan formasi sejumlah 110.553 orang, terdiri dari 20.772 CPNS dan 89.781 PPPK. Dengan formasi, guru madrasah, guru SMK Kristen dan SMA Katolik, dosen PTN agama, penyuluh agama, penghulu, talenta digital, serta penempatan di IKN.

4). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek)

Untuk Kemendikbudristek sendiri akan menerima 15.462 posisi CPNS dan 25.079 posisi PPPK. Yang meliputi, penyelesaian tenaga pendidik honorer dan memenuhi kebutuhan SDM di perguruan tinggi serta penempatan di Ibu Kota Negara (IKN)

5). Kementerian Sosial (Kemensos)

Kemudian untuk Kemensos, akan membuka formasi CASN, yakni sebanyak 40.839. Formasi tersebut terdiri dari 266 calon aparatur sipil negara (CASN) dan 40.573 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Dengan formasi meliputi 125 CPNS Tenaga Teknis, 141 CPNS Tenaga Kesehatan, 40.508 PPPK Tenaga Teknis, dan 65 PPPK Tenaga Kesehatan.

6.) Kementerian Kesehatan (Kemenkes)

Untuk Kemenkes sendiri setidaknya akan membuka formasi CASN 2024 sebanyak 23.200. Formasi itu terdiri dari 8.607 CPNS dan 14.593 PPPK. Untuk formasi yang dibuka, ini nantinya akan ditempatkan di sejumlah kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. Mereka akan bekerja di klinik-klinik kampus dan di pemerintahan daerah.

7). Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu)

Bawaslu akan menerima 18.557 posisi CASN, termasuk CPNS dan PPPK untuk posisi penting dalam mendukung kinerja lembaga tersebut. Dengan rincian, 1.984 CPNS dan 16.573 PPPK, termasuk untuk formasi-formasi yang penting dalam mendukung kinerja Bawaslu seperti analis hukum, analis pengawasan, hingga auditor. (Erfyansyah/fajar)

  • Bagikan