Empat Dosen UMB Terima Hibah Penelitian dan PkM DRPM Kemdikbudristek

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Empat dosen Universitas Muhammad Bulukumba (UMB) berhasil lolos sebagai penerima pendanaan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat DRPM (Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat) Kemdikbudristek tahun 2024. 

Hal tersebut berdasarkan pengumuman yang disampaikan baru-baru ini. Adapun keempat dosen diantaranya, Ilmar Andi Ahmad, S.Pd,. M.Pd, Dr. Andi Nurhikmah,S.Pd, M.Pd, Dr. Anugrah Febrian Syam, S.Pd,.M.Pd dan Jihad Talib, S.Pd., M.Hum.

Jihad Talib mengucapkan terima kasihnya atas adanya hibah tersebut. Ia juga menyampaikan dalam hibah DRPM Kemdikbudristek tahun 2024 menawarkan berbagai skema untuk mendukung penelitian dan pengabdian masyarakat. Ada dua program utama yang tersedia pertama Program Penelitian dan Program Pengabdian Kepada Masyarakat.

"Program Penelitian mencakup berbagai skema yang mendukung penelitian di berbagai bidang ilmu pengetahuan, teknologi, sosial, dan humaniora. Sementara program pengabdian kepada masyarakat dirancang untuk mendorong kontribusi langsung dari perguruan tinggi kepada masyarakat melalui berbagai skema pengabdian," ungkapnya, Selasa, 4 Juni 2024.

Beliau menjelaskan berbagai tahapan yang dilalui yakni proses pendaftaran dan seleksi. Pengusulan proposal peneliti atau dosen dapat mengajukan proposal melalui sistem yang telah disediakan oleh DRPM. Evaluasi dan seleksi proposal yang diajukan akan melalui proses evaluasi oleh panel ahli yang menilai berdasarkan relevansi, inovasi, metodologi dan dampak yang diharapkan.

"Setelah itu, ada pelaksanaan dan monitoring. Setelah disetujui, penerima hibah akan melaksanakan kegiatan sesuai dengan proposal yang disetujui, dengan monitoring berkala dari DRPM. Pengajuan proposal dibuka mulai 24 Februari hingga 26 Maret 2024," tambahnya.

Lebih lanjut ia menuturkan proposal diajukan melalui laman BIMA Kemdikbud. Pengusul perlu memastikan bahwa proposal mereka mendapat persetujuan dari Ketua LP/LPM/LPPM. Proposal yang ditolak tidak bisa diperbaiki, sedangkan yang dikembalikan bisa diperbaiki dan diajukan kembali.

"Secara keseluruhan, lolos hibah DRPM PDP reguler diharapkan menjadi batu loncatan yang signifikan bagi dosen pemula dalam mengembangkan karier akademik  dosen, memberikan kontribusi kepada institusi, dan memberikan dampak positif bagi masyarakat luas," tutupnya. (sum/has/B)

  • Bagikan