Festival Pinisi 2024 Digelar Pekan Ini, Ridwan Sau dan DA Afira Siap Meriahkan Acara

  • Bagikan
Upacara Songkabala Ri Bantilang Ammossi Annyorong Lopi pada Festival Pinisi 2022

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Festival Pinisi 2024 resmi dibuka dengan kemeriahan di Pantai Merpati, Bulukumba, pada Jumat, 6 September 2024, pukul 16.00 WITA. Acara pembukaan ini menampilkan penyanyi Dangdut Academy (DA) Afira, yang turut memeriahkan suasana dengan penampilannya.

Selain hiburan, acara pembukaan juga diisi dengan presentasi materi dari Bank Indonesia, yang memberikan wawasan terkait perkembangan ekonomi dan keuangan di daerah.

Setelah itu, dilakukan penyerahan hadiah untuk pemenang berbagai lomba yang telah diselenggarakan sebelumnya, termasuk lomba fotografi, lomba reels, dan lomba cerdas cermat.

Ritual dan Tradisi

Memasuki hari kedua, Sabtu, 7 September 2024, Festival Pinisi berlanjut dengan Ritual Andingingi yang dilaksanakan di kawasan adat Ammatoa Kajang pada pukul 08.30 WITA.

Sore harinya, rangkaian festival dilanjutkan di Pusat Pembuatan Kapal Pinisi di Tanah Beru, Kecamatan Bontobahari, dengan digelarnya ritual Songka Bala Ri Bantilang, Ammosi, dan Annyorong Lopi, yang menambah kekayaan budaya dalam perayaan ini.

Launching Car Free Day dan Gala Dinner

Pada hari terakhir, Minggu, 8 September 2024, kegiatan kembali dipusatkan di Pantai Merpati Bulukumba. Pagi harinya dimulai dengan senam bersama dan peluncuran hari bebas kendaraan (car free day), disusul dengan lomba mewarnai yang melibatkan anak-anak Kabupaten Bulukumba.

Sore harinya yakni mulai pukul 15.00 WITA, digelar parade atau kirab budaya, di mana masyarakat mengenakan pakaian hitam-hitam khas budaya Kajang dan berjalan kaki dari Lapangan Pemuda hingga Pantai Merpati.

Malam harinya, acara gala dinner di Pantai Merpati menjadi penutup yang sempurna, dengan pemutaran video sejarah Kapal Pinisi dan berbagai penampilan seni yang ditutup oleh penampilan dari artis lokal Ridwan Sau.

Festival Pinisi 2024 diharapkan mampu memperkenalkan dan melestarikan budaya serta tradisi Bulukumba, sekaligus menjadi daya tarik wisata yang membawa dampak positif bagi perekonomian lokal.***

Daftar acara Festival Pinisi 2024:

Hari Pertama: Jumat, 6 September 2024
* 16.00 WITA: Opening Ceremony di Pantai Merpati Bulukumba
  - Penampilan dari penyanyi DA Afira
  - Presentasi materi dari Bank Indonesia
  - Penyerahan hadiah lomba (fotografi, reels, cerdas cermat)

Hari Kedua: Sabtu, 7 September 2024
* 08.30 WITA: Ritual Andingingi di kawasan adat Ammatoa Kajang
* 15.30 WITA: Rangkaian acara di Pusat Pembuatan Kapal Pinisi, Tanah Beru, Kecamatan Bontobahari:
  - Ritual Songka Bala Ri Bantilang
  - Ritual Ammosi
  - Ritual Annyorong Lopi

Hari Ketiga: Minggu, 8 September 2024
* 06.00 WITA:
  - Senam bersama di Pantai Merpati Bulukumba
  - Launching car free day
  - Lomba mewarnai
* 15.00 WITA:
  - Parade/Kirab Budaya (pakaian hitam-hitam khas Kajang) dari Lapangan Pemuda hingga Pantai Merpati
* 18.30 WITA :
  - Gala dinner di Pantai Merpati
  - Pemutaran video tentang sejarah Kapal Pinisi
  - Penampilan seni dan musik
  - Penampilan penutup oleh Ridwan Sau.

  • Bagikan