Guru SMAN 11 Bulukumba Juara Tiga Kompetisi Fotografer Tingkat Nasional

  • Bagikan
Hasil foto yang berhasil mengantarkan guru SMAN 11 sebagai juara ditingkat nasional.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Syamsul Rivai guru SMA Negeri 11 Kabupaten Bulukumba berhasil meraih juara tiga pada event Wiki Cinta Alam Indonesia Tahun 2024 yang diselenggarakan baru-baru ini.

Pada kompetisi fotografer dengan topik flora, fauna dan bentang alam yang berada di kawasan dilindungi di Indonesia tersebut, foto Kuskus di taman hutan raya berhasil menyita perhatian dewan juri sehingga mendapatkan posisi ke tiga tingkat nasional tersebut 

Syamsul Rivai menyampaikan keberhasilan yang dicapai tidaklah mudah, karena bersaing dengan hampir 1000 gambar peserta. Selain itu perlu kesabaran untuk mendapatkan gambar fauna yang keberadaannya sudah mulai langka. 

"Selamat 3 minggu saya melakukan observasi di Tahura Bontobahari beberapa spesies yang berhasil dideteksi seperti Rusa Timor, Ayam Hutan, Kuskus dan Babi Hutan. Alhasil, gambat Kuskus yang menyita perhatian juri hingga akhir saya berhasil meraih juara tiga," ungkapnya, Kamis, 5 September 2024.

Syamsul Rivai menyampaikan dengan keberhasilan tersebut ia berharap semoga ada perhatian serius Pemerintah Daerah terutama Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pariwisata untuk mengelola Tahura menjadi kawasan Ekowisata. 

"Pengelolaan aset tahura bisa menjadi sumber pendapatan seperti kawasan tahura di beberapa kabupaten lain. Saat ini kondisi  tahura semakin tergerus karena aktivitas pemilikan lahan tanpa izin. Keberadaan hutan dan Keanekaragaman hayati tetap terjaga demi kelestarian dan menghindari bencana alam," tutupnya. **

Penulis: SumEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan