Fasilitas dan Keindahannya Tak Kalah dari Losari, Penataan Pantai Merpati Rampung Desember 2024

  • Bagikan
Desain Pantai Merpati yang pembangunannya ditarget rampung pada awal Desember 2024

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Penataan Pantai Merpati Bulukumba yang telah menjadi ikon wisata baru di Kabupaten Bulukumba kembali dilanjutkan dan ditargetkan rampung pada awal Desember 2024.

Penataan Pantai Merpati merupakan salah satu proyek unggulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba di bawah kepemimpinan Andi Muchtar Ali Yusuf dan Andi Edy Manaf.

Selain menjadi ruang publik yang representatif bagi masyarakat Bulukumba, Pantai Merpati juga berfungsi sebagai wadah bagi pelaku ekonomi kreatif dan UMKM untuk berkreasi.

Pantai Merpati yang dulunya terkesan kumuh, kini telah menjelma menjadi ikon wisata Kabupaten Bulukumba. Fasilitas dan keindahannya disebut tidak kalah dengan Pantai Losari di Makassar atau Pantai Marina di Bantaeng. Kini, Pantai Merpati menjadi destinasi wajib bagi wisatawan luar daerah yang berkunjung ke Bulukumba.

Site Manager Proyek Pantai Merpati, H. Rahman Yamin Nugie, mengungkapkan bahwa progres proyek penataan lanjutan telah mencapai 29,19 persen.

"Saat ini, seluruh pekerjaan di zona-zona proyek sedang berjalan. Zona A, yang merupakan zona utama, menjadi prioritas. Sedangkan untuk zona-zona lainnya seperti zona B hingga F, beberapa bagian seperti pengerjaan poer kanopi membran, pengecatan, pemasangan lantai paving, serta area parkir sudah mulai dikerjakan," jelas Rahman.

Pekerjaan pondasi dan pemecah ombak untuk panggung utama di zona E hampir selesai, begitu juga dengan pemasangan tegel di zona G yang sudah mendekati tahap akhir. Selain itu, proses pemasangan tiang lampu penerangan juga akan segera dimulai.

"Sementara itu, zona H dan J akan menyusul dengan penambahan tenaga kerja," tambahnya.

Rahman optimis proyek ini bisa diselesaikan sesuai target yang telah ditetapkan, yaitu dalam 170 hari kerja sejak 15 Juli 2024. "Semoga awal Desember sudah rampung," ujarnya.

Proyek tahap ketiga ini menggunakan anggaran dari APBD Kabupaten Bulukumba sebesar hampir Rp 14 miliar. Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Perkimtan) Bulukumba, Munthasir Nawir, mengonfirmasi bahwa proyek ini dikerjakan oleh CV. Zahra Utama Construksi.

"Untuk tahun 2024, anggaran penataan Pantai Merpati tahap ketiga mencapai Rp 13,978,193,865. Jumlah ini lebih besar dibandingkan tahap pertama di tahun 2022 yang sebesar Rp 9 miliar dan tahap kedua pada tahun 2023 yang sebesar Rp 2 miliar," jelas Munthasir.

Penataan tahap ketiga ini meliputi pembangunan panggung, taman, penambahan lapak jualan, pembangunan lahan parkir, serta penambahan fasilitas seperti pengeras suara, wifi gratis, dan CCTV.

Munthasir menegaskan bahwa penataan Pantai Merpati merupakan proyek strategis Pemkab Bulukumba untuk memberdayakan pelaku UMKM dan menciptakan ruang publik yang nyaman bagi masyarakat.

"Pembangunan Pantai Merpati ini adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan UMKM dan penyediaan ruang publik," tegasnya.

Munthasir juga meminta dukungan masyarakat agar turut berpartisipasi dalam mengawasi jalannya proyek ini.

"Partisipasi aktif masyarakat sangat kami harapkan. Jika ada masalah atau hal yang tidak sesuai dalam pengerjaan, segera laporkan ke Dinas Perkimtan Bulukumba," pungkasnya. ****

  • Bagikan