HUT ke-62 Bulukumba, Warga Kompak Berbusana Hitam

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Warga Bulukumba kompak berbusana hitam Jumat 4 Februari 2022, tepat di HUT ke-62 Kabupaten Bulukumba. Tidak hanya pejabat dan ASN, seluruh lapisan masyarakat ikut memeriahkan hari jadi Kabupaten Bulukumba dengan mengenakan pakaian hitam khas masyarakat adat Kajang.
Pemerintah Kabupaten Bulukumba memang sudah mengeluarkan imbauan terkait pakaian hitam di hari jadi Bulukumba. Warga pun antusias mengikuti imbauan pemerintah dengan mengenakan busana hitam.
“Saya bukan asli Bulukumba tapi bangga bisa mengenakan busana hitam di hari jadi Bulukumba,” ujar Nisa, salah satu karyawan swasta yang ditemui RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID. Tidak hanya Nisa, siswa SD, SMP sampai SMA pun kompak mengenakan pakaian hitam-hitam dan memakai passappu. Bahkan kurir yang beroperasi di wilayah Bulukumba juga tak mau ketinggalan mengenakan pakaian hitam.
Menurut Sekda Bulukumba, Ali Saleng, dalam filosofi masyarakat adat Kajang, busana hitam mencerminkan kesederhanaan dan kesetaraan. “Bahwa kita semua sama kedudukannya di mata Tuhan,” ujarnya. **

  • Bagikan