Tak Ada Lagi Polemik, Dorce Dimakamkan sebagai Laki-laki, Keluarga Ungkapkan Ini

  • Bagikan

JAKARTA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Semasa hidup, Dorce Gamalama pernah menyampaikan keinginannya untuk dimakamkan sebagai perempuan ketika meninggal dunia. Namun, tampaknya pihak keluarga tetap keukeuh memakamkan Dorce Gamalama sebagai laki-laki sesuai syariat Islam.

“Dimakamkan secara perempuan itu kita serahkan semua kepada Allah. Itu kan cuma keinginan beliau, yang ngurusin kan kita semua. Kita semua tahu beliau dilahirkan seperti apa, ya kita kembalikan lagi ke asal,” kata pengurus Masjid Al Hayyu, Ustaz Anan Muhajir.

“Karena yang penting kita lihat keimanan dia ke Allah SWT, saya enggak lihat yang lain-lain dulu,” lanjutnya.

Dorce, sebelum meninggal, sadar bahwa keinginannya dimakamkan sebagai perempuan menuai polemik. Ia kemudian memasrahkan pemakamannya ketika meninggal dunia kepada pihak keluarga.

Ghazali Amirsyah selaku pengurus Masjid Alhayyu menuturkan bahwa hal tersebut sudah disampaikan Dorce semasa hidupnya.

“Terus terang aja untuk hal tersebut (proses pemakaman) beliau menyerahkan ke pihak keluarga seperti apa, jadi saya dan jamaah enggak berani bicara,” kata Ghazi Amirsyah di Masjid Alhayyu, Jakarta Timur, Rabu (16/2/2022).

“Beliau kan selalu bilang ‘Allah yang tahu’ dan segala sesuatunya nanti akan diserahkan kepada pihak keluarga.”
Dorce Gamalama meninggal dunia karena sakit yang lama diderita. Ia juga divonis terpapar covid 19. Pemakaman dilakukan Rabu 16 Februari dan dibatu nisan tertulis nama asli Dorce yakni Dedi Yuliardi Ashadi. ***

  • Bagikan