Sosialisasi Sensus 2020, Edy Manaf: Data Kependudukan Acuan Perencanaan

  • Bagikan
Wakil Bupati Bulukumba, Andi Edy Manaf (tengah) berfoto bersama pada Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 Lanjutan di Hotel Agri Bulukumba, Kamis 2 Juni 2022.

BULUKUMBA,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Wakil Bupati Bulukumba, Andi Edy Manaf membuka Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 Lanjutan, Kamis 2 Juni 2022. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bulukumba itu bertempat di Hotel Agri Bulukumba.

Dalam sambutannya, Edy Manaf menyampaikan, pendataan yang dilaksanakan bertujuan untuk menyediakan parameter dan karateristik demografi Indonesia. Seperti tingkat kematian, tingkat kelahiran, perpindahan penduduk, disabilitas, perumahan, pendidikan dan sebagainya.

"Data ini sangat penting, karena nantinya akan dijadikan sebagai dasar dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan pemerintah," katanya.

Menurut Edy, data kependudukan adalah data yang penting bagi pemerintah utamanya dalam membuat rancangan program.

"Olehnya itu kami minta semua stakeholder untuk membantu menyukseskan sensus penduduk ini," jelasnya.

Sementara itu Kepala BPS Bulukumba, Mattaliu menambahkan, pendataan lengkap telah dilakukan di tahun 2020. Tujuannya menyediakan data jumlah komposisi distribusi dan karakteristik, penduduk menuju satu data kependudukan Indonesia.

"Sementara pendataan secara sampel di tahun 2022 ini bertujuan mengumpulkan data terkait parameter demografi kelahiran, migrasi, dan kematian, pendidikan, disabilitas, ketenagakerjaan, perumahan, dan informasi penting lainnya," tutupnya.

Ketua Panitia, Syamsuar menambahkan, sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman betapa pentingnya data akurat dari hasil sensus.

"Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi wadah agar pelaksanaan sensus ini tersosialisasikan," tutupnya. (*)

  • Bagikan