11 Kontingen SLB Berkompetisi di Festival PKLK

  • Bagikan
Pembukaan Festival PKLK di SLB Negeri 1 Bulukumba, Rabu 22 Juni 2022.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Festival Pelajar Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) atau Sekolah Luar Biasa (SLB) Wilayah VI kembali digelar. Kali ini, kegiatan dilaksanakan di SLB Negeri 1 Bulukumba, berlangsung Rabu 22 sampai 23 Juni 2022.

Ketua MKKS SLBN 1 Bulukumba, H Muh. Sahib mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mencari bibit berprestasi untuk mengikuti festival di tingkat Provinsi Sulsel. Selain itu sebagai ajang sulaturahmi antar peserta didik SLB se Wilayah VI.

"Insyaallah yang menjadi juara 1 nantinya akan mewakili wilayah VI ditingkat Provinsi," terangnya.

Menurut Sahib, kegiatan tersebut diikuti 11 kontingen dari beberapa kabupaten. Di antaranya SLBN 1 Jeneponto, SLBN 2 Jeneponto, SLBS Muhammadiyah Jeneponto, SLBS Syahrial Jeneponto. 

Kemudian SLBN 1 Bulukumba, SBN 1 Bantaeng, SLBS Shopiyah Bantaeng, SLBS Dh. Herlang, SLBN 1 Sinjai, SLBS Harapan Sinjai dan SLBN 1 Selayar.  Masing-masing kontingen mengutus 8 peserta didik didampingi dua orang pendamping dan kepala UPT.

 "Yang dipertandingkan yakni Catur (SMALB Tuna Netra), Tenis Meja tingkat  SMPLB/SMALB putra rungu), bulutangkis (tingkat SMPLB/SMALB Putra Autis), pameran hasil karya (Tuna Tungu dan Daksa), Lompat jauh tanpa awalan (SDLB Autis), Bocce Putri Fown Syndrome (SDLB/SMPLB),"jelasnya.

Melalui kegiatan ini, Sahib berharap perwakilan Wilayah VI mampu mencetak prestasi yang membanggakan untuk wilayah dan sekolah sendiri.

Sementara itu, Perwakilan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Bantaeng-Bulukumba, H Arafah dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Pihaknya sangat mensuport kepada siswa untuk mengeksplor bakat olahraga yang dimiliki.

"Olahraga itu salah satu kegiatan belajar yang dilaksanakan di luar kelas. Olahraga merupakan salah satu dari bagian dalam proses belajar yang merupakan satu kegiatan yang bisa membuat siswa bergembira. Mudah-mudahan kegiatan ini mampu memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi anak berkebutuhan khusus dalam menyalurkan bakat, minat dan potensinya masing-masing dan semoga

ada dari wilayah VI ada perwakilan yang mengharumkan daerah kedepannya,"tutupnya.(cum/man/c)

  • Bagikan