17 Perpustakaan Sekolah di Makassar Ikuti Visitasi Akreditasi Nasional

  • Bagikan
Perpustakaan Ikhlas Bakti yang dikunjungi tim akreditasi.

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID – Tahun ini terdapat 17 perpustakaan sekolah di Kota Makassar yang mengikuti akreditasi. “Alhamdulillah tahun ini bertambah lagi dengan hadirnya 17 perpustakaan sekolah yang divisitasi akreditasi oleh tim Perpustakaan Nasional. Kenaikannya hampir 100 persen,” ujar Kadis Perpustakaan Kota Makassar, Tenri A. Palallo, Sabtu 27 Agustus 2022.

Menurut Tenri, asesmen akreditasi perpustakaan sekolah dilaksanakan mulai Rabu 24 Agustus sampai  Jumat  26 Agustus 2022. Sekolah-sekolah yang dikunjungi tim akreditasi diantaranya SMPN 2 Makassar, SMPN 4 Makassar, SMPN 9 Makassar,  SMPN 12 Makassar, SMPN 40 Makassar, SD Inpres Baraya I, SD Inpres Kelapa Tiga 1 Makassar, SDN Barabaraya 1 Makassar, SD Inpres Perumnas Antang, SD Inpres Manuruki 1, SDN Kompleks IKIP 1 Makassar, dan SD Inpres Hartaco Indah Kota Makassar.

Dari pantauan RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, meski banyak keterbatasan namun semua sekolah sangat bersemangat menghadirkan Perpustakaan Sekolah yang berkesesuaian dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP).

Tenri berharap kehadiran perpustakaan sekolah tidak hanya dinikmati warga sekolah tapi juga bermanfaat untuk anak-anak di sekitar sekolah. “Layanan perpustakaan untuk semua harus kita wujudkan sesuai dengan semangat dari Bapak Walikota Makassar Danny Pomanto,” ujar Tenri.

Danny Pomanto sudah menargetkan sampai akhir masa jabatannya nanti akan ada 100 sekolah bintang 5. Syarat sekolah bintang 5 adalah memiliki perpustkaan yang berstandar nasional. “Perpustakaan berstandar nasional tidak hanya bagus dalam hal layanan, sirkulasi buku, jumlah koleksi, tata cara penkoleksian tapi juga menarik dalam penataan. Begitu juga pengunjung dilihat apakah ada  inovasi sekolah dalam peningkatan pembudayaan kegemaran membaca,” urainya. (nad)

  • Bagikan