Mobil Perpustakaan Keliling Layani Anak–anak di Sekitar Kantor Perpustakaan Makassar

  • Bagikan

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID – Berbagai upaya dilakukan Dinas Perpustakaan Kota Makassar dalam membina anak putus sekolah dan anak tidak sekolah yang ada di sekitar Kantor Dinas Perpustakaan Jalan Kerung-kerung. Dinas perpustakaan tidak sekadar mencarikan jaringan berbagai pihak, seperti Massikola, Baznas Kota Makassar dan PPLKB.

Namun, Kadis Perpustakaan Kota Makassar Tenri A. Palallo bahkan menugaskan Mobil Perpustakaan Keliling untuk melayani anak-anak itu.

Ketika Mobil Perpustakaan Keliling tiba, Senin 10 Oktober 2022, mereka ada yang langsung mengambil buku lalu membacanya. Ada yang hanya melihat gambar, dan ada juga yang terkagum-kagum melihat mobil perpustakaan yang dipenuhi buku-buku bacaan.

Menurut Tenri, tidak masalah mereka membaca sambil mondar-mandir melihat buku yang ada dalam mobil. Atau mereka hanya melihat – lihat gambar dulu.

“Biarkan mereka menikmati seperti keinginannya dahulu, kita mulai memindahkan kebiasaan mereka. Dari penggunaan waktu sesukanya menjadi teratur, terikat dengan waktu. Kita ajak mereka melihat – lihat buku dahulu, sampai mereka akan terbiasa untuk membaca,” ujar Tenri.

Tenri berharap semua anak-anak di Kota Makassar mendapatkan akses informasi dan akses bacaan yang bermutu. Untuk itulah kehadiran Perpustakaan Keliling menjadi sangat penting. (in)

  • Bagikan