Local Media Summit 2022 Jadi Pertemuan Akbar Pertama Media Lokal di Indonesia

  • Bagikan

JAKARTA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Media Suara.com bekerja sama dengan International Media Support (IMS) menggelar pertemuan akbar media lokal se-Indonesia bertajuk Local Media Summit (LMS) 2022.

Acara yang dihadiri kurang lebih 300 media lokal dari Aceh sampai Papua ini, berlangsung selama dua hari dari 27-28 Oktober 2022 di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta.

Pemimpin Redaksi Suara.com Suwarjono mengaku surprise atas antusiasme para pemilik media lokal dalam event yang baru pertama diselenggarakan di Indonesia ini.

Suwarjono mengatakan, tantangan media lokal saat ini adalah keberlanjutan dari segi bisnis.

“Hampir sebagian besar pemilik media lokal adalah jurnalis yang tahu konten tapi tidak tahu soal bisnis,” kata Suwarjono saat sambutan acara pembukaan LMS 2022.

Banyak hal menarik yang akan dibahas di LMS 2022 terutama terkait perkembangan media lokal baik dari segi konten maupun dari segi bisnis.

Di mana bisnis media era digital saat ini tidak hanya fokus membuat konten tapi juga harus memikirkan infrastrukturnya. “Bagi teman-teman sekarang yang jadi pemilik media di mana basicnya jurnalis di daerah, yang harus kita pelajari tidak hanya konten. Konten hanya sebagian kecil saja,” kata Suwarjono.

Beberapa yang akan dibahas dalam pertemuan ini, yakni adanya kesenjangan pengetahuan antara media di Jakarta dengan daerah terkait pengetahuan digital, teknologi, dan bisnis model.

Menurut Suwarjono, saat ini bisnis model media lokal menghadapi tantangan besar.

“Paling banyak ke depan adalah melakukan eksperimen baru karena kita belum menemukan titik keseimbangan baru bagi media publisher,” ujarnya.

Salah satu pembicara yang akan tampil di hari ke-2 adalah Sunarti Sain, Pemred media RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID yang merupakan media lokal pertama di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan dan terus eksis sampai hari ini.

Sebagai media lokal, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID tidak hanya hadir menjadi sumber informasi yang tepercaya tapi juga mampu menjaga ekosistem keberlangsungan media di daerah. (nining)

  • Bagikan