Baznas Bulukumba Kini Miliki 41 Relawan Tanggap Bencana

  • Bagikan

BULUKUMBA , RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bulukumba, sukses menyelenggarakan Pelatihan Dasar Baznas Tanggap Bencana (BTB). Kegiatan  selama 4 hari lama sejak Kamis 24 November itu dilaksnakan di Pantai Mandala Ria, Bontobahari.

Dalam pelatihan itu, Baznas berhasil merekrut dan melatih 41 relawan tangggap bencana yang nantinya akan menjadi relawan BTB. 

Kepada RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, Pimpinan Baznas Bulukumba, Muhammad Yusuf Shandy menyampaikan, pelatihan dimaksudkan untuk merekrut para relawan kebencanaan yang disiapkan untuk turun ke lapangan saat terjadi bencana, seperti banjir, longsor, abrasi dan lainnya.

"Alhamdulillah pelatihan yang  berlangsung selama empat hari diikuti oleh 41 orang peserta dari berbagai kecamatan dan berbagai latar belakang pekerjaan dan profesi. Mereka akan menjadi relawan Baznas untuk kebencanaan, " Katanya. Senin 28 November 2022.

Yusuf Shandy menambahkan, sebagai bagai dari Pemda Bulukumba, BAZNAS mendapat amanah untuk ikut terlibat dalam penanggulangan bencana.

"Tidak hanya menjadi tugas BPBD tapi Baznas tentunya yang namtinya terlibat langsung dalam hal penanggulangan bencana baik di daerah maupun di daerah lainnya yang membutuhkan, " Katanya. 

Yusuf Shandy berharap pelatihan yang didapatkan para relawan mahir dan mempuni dalam menghadapi kedaruratan khususnya menyangkut bencana yang tak diketahui kapan akan terjadi. 

"Minimal relawan kita menjadi pertolongan pertama saat bencana tiba sewaktu-waktu, " jelasnya. (fajar)

  • Bagikan