Wawancara Calon PPK Hingga Larut Malam

  • Bagikan
Suasana tes wawancara calon anggota PPK

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Tahapan rekrutmen calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) masih berproses. Setelah tes tertulis Computer Assisted Test (CAT), saat ini prosesnya sudah memasuki tahapan wawancara.

Pantuan RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, proses wawancara yang dimulai sejak 11 Desember tersebut dilakukan sejak pagi hingga larut malam. Setidaknya dalam sehari ada 50 an peserta yang diwawancara oleh seluruh komisioner KPU yang berlangsung di Aula KPU.

Anggota KPU Bulukumba divisi sosialisasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan SDM, Awaluddin menjelaskan bahwa tes wawancara akan berlangsung hingga 13 Desember 2022.

"Jadi tes wawancaranya mulai pukul 08.00 pagi sampai 23.30," katanya, Senin, 11 Desember 2022.

Pada hari pertama tes wawancara dikatakan Awal ada dua peserta yang lulus CAT tak mengikuti tes wawancara, sehingga dipastikan tidak akan lolos. "Kan nilainya tidak ada karena tidak hadir jadi pasti tidak lolos tahap selanjutnya," katanya.

Terakhir, Awal menyampaikan materi pertanyaan wawancara sendiri, meliputi pertanyaan soal kepemiluan, serta komitmen integritas dan profesionalitas calon anggota PPK tersebut.

"Jangan sampai jadi penyelenggara dinomorduakan dan tetap mengedapankan aktivitas sebelumnya. Kita ingin, penyelenggara nanti betul-betul fokus dan profesional," ujar Awaluddin.

Ia mengatakan, dari 15 calon anggota PPK yang ikut tes wawancara, KPU Bulukumba hanya mengumumkan perangkingan dengan dua kali kebutuhan. Itu pun, lima orang di antaranya bersifat cadangan.

"Proses ini akan diplenokan lagi dan diurut berdasarkan nilainya. Penginputan nilainya menggunakan aplikasi SIAKBA. Nanti di aplikasi keluar template berita acara. Sama seperti CAT kemarin," urainya.

"Jadi, lima orang dinyatakan lolos sebagai anggota PPK. Limanya lagi sebagai daftar calon PAW," sambung Awaluddin.

Untuk sistem penilaian, katanya, semua Komisioner KPU memberikan nilai. Nanti nilainya akan diakumulasi, kemudian dirata-ratakan. (faj/has

  • Bagikan