Pengunjung Wisata Diprediksi Membludak

  • Bagikan
Daud Kahal saat memberikan keterangan kepada wartawan.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Wisatawan diprediksi membeludak ke kawasan wisata Bira Bulukumba pada momentum Libur Natal dan tahun baru (Nataru) ini.

Mengacu pada momentum hari libur sebelumnya yakni pada liburan Idul Fitri beberapa waktu lalu, kunjungan wisatawan di Kabupaten Bulukumba membeludak.

Dinas Parawisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Bulukumba mencatat 86.000 wisatawan yang berkunjung ke Bira pada momentum tersebut.

Kunjungan yang tidak diperkirakan sebelumnya itu membuat Disparpora kewalahan, bahkan jumlah kunjungan tidak sebanding dengan jumlah kamar penginapan yang ada di Bira.

Antrian sepanjang 8 kilometer pun terjadi mulai dari depan gerbang masuk pantai Bira saat itu, hingga pengunjung harus menunggu berjam-jam untuk dapat masuk ke dalam kawasan.

Di dalam kawasan juga terjadi penumpukan sampah karena begitu banyak pengunjung Bira pada saat itu, begitu juga dengan

masalah pasokan air yang tidak mencukupi atas banyaknya wisatawan.

Kepala Disparpora Kabupaten Bulukumba, Daud Kahal mengungkapkan bahwa pada momentum libur tahun baru ini pihaknya telah menyiapkan langkah untuk mengantisipasi membludaknya kunjungan.

"Kita tidak mau kecolongan lagi pada tahun baru ini. Olehnya dari jauh-jauh hari kami telah menggelar rapat bersama unsur terkait lainnya untuk mempersiapkan diri menyambut wisatawan," kata Daud, Selasa, 20 Desember 2022.

Menurut Daud, nantinya akan dipasang posko terpadu di beberapa titik di dalam kawasan Bira. Posko itu selain sebagai pos pengamanan juga akan sebagai tempat pengaduan pelayanan.

Termasuk soal jalur alternatif, Daud mengungkapkan bahwa jika terjadi penumpukan kendaraan maka akan diarahkan ke jalur alternatif yang telah disiapkan.

"Kalaupun terjadi penumpukan kendaraan maka pengunjung akan diarahkan ke jalur Bara dan ada juga di jalur Woi-woi Sunrise," terangnya.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan pembayaran tiket masuk secara non-tunai atau via transfer ke rekening Disparpora. Hal tersebut dilakukan untuk memperlancar proses transaksi masuk pengunjung.

"Retribusi masuk itu bisa dibayarkan secara non-tunai via transfer ke Rekening kami (atas nama Disparpora, red) di nomor rekening 0400020000103500. Jadi di gerbang nanti sisa memperlihatkan bukti transfer," terangnya.

"Tapi kami tetap memberlakukan sistem pembayaran secara manual di gerbang masuk," tambahnya. (ewa/has)

  • Bagikan