Cuaca Ekstrem, Bira Sepi di Malam Pergantian Tahun 2022/2023

  • Bagikan
Suasana Pantai Tanjung Bira sehari sebelum pergantian tahun 2022/2023.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Suasana pergantian tahun di Kawasan Wisata Pantai Bira Bulukumba, tak seramai pada pergantian tahun sebelumnya. 

Tak ada penumpukan kendaraan di pintu masuk, begitu juga dengan kamar penginapan maupun hotel yang sepi  reservasi.

Cuaca buruk yang melanda Sulsel  dan imbauan dari Pemerintah Provinsi untuk tahun baru di rumah saja menjadi salah satu penyebab sepinya wisatawan di akhir tahun. 

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda  dan Olahraga Kabupaten Bulukumba, H. Daud Kahal, menjelaskan sehari jelang pergantian tahun tepatnya Sabtu 31 Desember 2022, pihaknya hanya mencatat 3.154 orang yang masuk di kawasan Bira. Hingga awal Januari tepatnya 1 Januari 2023, jumlah wisatawan yang berkunjung mencapai 6 ribuan saja. 

"Padahal di akhir tahun 2021 saat menyambut tahun 2022 lalu itu pengunjung di atas 10 ribuan. Ini memang sepi karena faktor cuaca ekstrem salah satunya, " kata Daud Kahal,  Minggu 1 Januari  2023.

Rendahnya jumlah kunjungan wisatawan ke kawasan Bira juga bisa lihat dari  tingkat hunian kamar hotel/penginapan yang  kurang maksimal seperti tahun sebelumnya, bahkan sebagian  tamu melakukan pembatalan  reservasi. 

"Ini faktor cuaca ekstrem yangg terjadi di beberapa daerah asal pengunjung. Kemudian kalau  perputaran uang agak sulit diprediksi apalagi aktivitas usaha masyarakat di Pantai tidak maksimal seperti Banana Boat dan sebagainya, belum lagi yang berwisata kebanyakan tidak menginap, " kata Daud. 

Pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia 

(PHRI) Bulukumba, Anjas, kepada RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, mengaku tahun baru kali ini sangat sepi di mana  tingkat hunian di perkirakan hanya sekitar 30 % dari masing-masing jumlah kamar yang tersedia di hotel dan penginapan.

"Mengenai jumlah kunjungan wisatawan dari pantauan pribadi saya biasa-biasa saja. Tidak  terjadi lonjakan yang signifikan dari tahun-tahun sebelumnya. Mungkin karena sempat  beredar berita  tentang Bira yang sempat diberitakan tutup, faktor cuaca yang kurang bersahabat dan bisa jadi karena tidak adanya acara yang  spesial yang  bisa menarik wisatawan," katanya.

Ia berharap, Pemkab Bulukumba  terus melakukan inovasi khususnya membuat promosi jauh-jauh hari sebelum hari pelaksanaan dengan melibatkan berbagai pihak. Termasuk media dan influencer. 

"Ini yang  harus dipikirkan  ke depan. Kita berharap Pemda dalam hal ini (Dispar) bisa membuat event akhir tahun yang bisa menarik orang datang sehingga target  kunjungan bisa terpenuhi atau terlampaui,” katanya.  (rakhmat fajar)

  • Bagikan