Identifikasi Penurunan Angka ATS,Unicef Kunjungi Bulukumba

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Unitet Nation Children's Fund (Unicef) Indonesia melakukan kunjungan di Kabupaten Bulukumba, Senin 6 Februari 2023. Kunjungan ini dalam rangka program Percepatan Penanganan Anak Tidak Sekolah berbasis Aksi Kolaborasi (Pasti Beraksi) dan penguatan ketrampi-
lan abad-21 untuk remaja melalui Pendidikan Non-formal.

Tim beranggotakan, Suhaeni Kudus, Spesialis Pendidikan UNICEF sebagai mitra Bappenas dalam Pokja Pendidikan dan Staf Pendidikan UNICEF Makassar, Suryanto. Tim bertemu Tim ATS Bulukumba, terdiri dari Bappelibangda, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pengendalian penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Sosial, Kantor
Kementrian Agama, di Kantor Baznas. Kemudian ke Desa Dampang selaku Lokus ATS dan terakhir di PKBM Nadya sebagai mitra penurunan angka putus sekolah di Kabupaten Bulukumba.

Suhaeni Kudus menuturkan,
kunjungan ini untuk mengidentifikasi praktik baik yang sedang berkembang untuk direplikasikan ke daerah lain melalui berbagai forum.

"Tentu kami sangat mengapresia-
si perkembangan penurunan ATS di
Kabupaten Bulukumba,"terangnya.

Sementara itu, Kepala PKBM Nadya Bulukumba, Fatmawati menyampaikan apresiasi dari Unicef untuk Kabupaten Bulukumba. Program kerja sama Pemerintah Sulawesi Selatan dan Unicef Indonesia yang dilaksanakan di Kabupaten Bulukumba telah memberikan perkembangan yang sangat baik dan menciptakan berbagai inovasi dalam upaya memberikan kesempatan kedua bagi anak tidak sekolah untuk mendapatkan layanan pendidikan.

"Ini semua terjadi berkat dukungan pemerintah dan kerja sama yang baik dan kolaborasi yang luar biasa. Kami ucapkan terima kasih banyak dari tim Unicef atas arahan dan masukannya untuk pengembagan PKBM Nadya kedepan dan juga kami berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bulukumba khususnya Dinas Pendikan dan Kebudayaan atas bimbingannya dan motivasinya selama ini kepada kami sehingga PKBM Nadya bisa seperti ini,"ucapnya.

Pihaknya juga menyampaikan apresiasi kepada Tim Fasilitator Bulukumba dan tutor PKBM Nadya atas kerja sama sehingga kegiatan kunjungan kemarin berjalan sesuai harapan.

"Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini penurunan angka putus sekolah di Kabupaten Bulukumba semakin meningkat melalui pendidikan formal,"harapnya.

Unicef sendiri merupakan salah satu badan di bawah PBB yang memberikan pelayanan teknis, pembangunan kapasitas, advokasi, perumusan kebijakan, dan mempromosikan isu-isu mengenai anak. Selama lebih dari 70 tahun, Unicef memainkan peranan penting dalam membantu pemerintah memjukan
hidup anak-anak dan wanita.

Penulis: SumEditor: Parman
  • Bagikan