Bantaeng dan Sinjai Raih UHC Award. Bakal Diserahkan Wapres RI

  • Bagikan

BANTAENG, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Kabupaten Bantaeng masuk daerah di Indonesia dengan cakupan perlindungan kesehatan kepada seluruh warganya, Pemkab Bantaeng raih Universal Health Coverage (UHC) award.

Pemkab Bantaeng dapat undangan dari Kementrian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), untuk menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC).

Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Bantaeng, Namirah Malik membenarkan hal itu. Menurutnya, jika cakupan layanan BPJS kesehatan Kabupaten Bantaeng mencapai 102 persen.

Namirah Malik menjelaskan, tidak hanya warga Bantaeng yang terlindungi BPJS kesehatan, ada pula beberapa warga sekitar yang menggunakan fasilitas kesehatan di Bantaeng dan tercover BPJS kesehatan.

"Angka ini kami laporkan setiap bulan ke pemerintah kabupaten. Seluruh warga Bantaeng saat ini sudah tercover BPJS Kesehatan. Malah ada beberapa warga sekitar yang menggunakan Faskes di Bantaeng," jelas Namirah Malik, Sabtu, 11 Meret 2023.

Ia menambahkan, penghargaan tersebut sekaligus pula penanda jika pemerintah Kabupaten Bantaeng benar-benar konsen untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Bantaeng. Setiap orang, kata dia, sudah terlindungi dengan BPJS kesehatan, sehingga tidak lagi perlu takut terbebani biaya perlindungan kesehatan.

Lebih lanjut mengatakan bahwa Bantaeng termasuk salah satu daerah dengan cakupan BPJS kesehatan terbesar di Sulsel. Ada juga beberapa daerah lainnya yang akan ikut menerima penghargaan ini.

"Daerah-daerah yang memiliki cakupan hingga 95 persen, akan menerima penghargaan ini. Ada beberapa daerah di Sulsel," katanya.

Penghargaan UHC award rencananya diserahkan di Jakarta, Selasa, 14 Maret 2023. Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin dijadwalkan akan menghadiri sekaligus menyerahkan penghargaan tersebut.

"Rencananya, diserahkan oleh Wakil Presiden RI," kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan Bantaeng, Dr. Andi Ihsan membenarkan jadwal penerimaan UHC award. Hal ini menandakan konsen pemerintah dalam upaya menjaga masyarakatnya agar tetap sehat.

Menurutnya, hal ini adalah bentuk perhatian pemerintah agar masyarakat Bantaeng mempunyai akses yang luas untuk kebutuhan pelayanan kesehatan yang berkualitas.

"Kita memang selama ini fokus untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat kita," kata Kadinkes Bantaeng.

Kepala Perwakilan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Sinjai, Achmad Saleh membenarkan hal tersebut.

Dia menyebut, Bupati ASA merupakan salah satu Kepala Daerah yang mendapat undangan untuk menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award.

Menurutnya, Sinjai berhak mendapat penghargaan karena telah mencapai 95 persen dari jumlah penduduk yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Dimana sejak tahun 2018 sampai sekarang sudah mencapai 97 persen.

“Dari 253.002 jumlah penduduk di Sinjai, 97 persen sudah terdaftar di BPJS Kesehatan. 116.941 merupakan segmen peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang iurannya dibayar melalui APBN dan 96.499 orang melalui segmen PBI APBD yang dibayarkan oleh Pemda Sinjai tiap bulan, ” tuturnya.

Untuk segmen peserta lainnya yakni Pekerja Penerima Upah (PPU) Pegawai Negeri yang terdiri dari ASN, TNI Polri berjumlah 23.791 orang, PPU Pegawai Swasta 1.326 orang. Lalu segmen pekerja mandiri sebanyak 11.471 orang dan segmen pensiunan sebanyak 2.974 orang. (mad-mul/has/

  • Bagikan