Mengenal Masjid Besar di Bulukumba

  • Bagikan

Indonesia merupakan negara dengan penduduk mayoritas muslim terbesar di Indonesia. Berdasarkan data tahun 2022, jumlah penduduk muslim di Indonesia tak kurang dari 220 juta jiwa.

Banyaknya penduduk yang beragama Islam membuat Indonesia juga memiliki banyak sekali masjid atau mushala, yaitu tempat ibadah umat Islam.

Laporan: RAKHMAT FAJAR

Dalam data Kementerian Agama, masjid dan mushala yang sudah terdaftar di Sistem Informasi Masjid mencapai 741.991, sedangkan menurut data dari Dewan Masjid Indonesia (DMI) Cabang Bulukumba, jumlah masjid dan mushala sampai saat ini mencapai 1.107 masjid.

Dari banyaknya jumlah masjid di Bulukumba khususnya, masjid sendiri ternyata memiliki karaktar atau jenis berbeda, salah satunya adalah masjid besar yang berlokasi di ibu kota kecamatan.

Ketua DMI Bulukumba, Andi Muttamar Mattororang menjelaskan, masjid besar jumlahnya lebih banyak dari Masjid Agung karena tersebar di seluruh kecamatan di Bulukumba.

Berdasarkan daftar nama-nama Masjid Besar Kecamatan se Kabupaten Bulukumba seauai surat keputusan Dirjen Binmas Kementerian Agama nomor SK Dirjend Binmas Islam Kemenag RI nomor : DJ.II/802 TAHUN 2014 TENTANG STANDAR PEMBINAAN MANAJEMEN MASJID, dan jenis jenis Tipologi Masjid seluruh Indonesia, masjid besar di Bulukumba diantaranya

Masjid Besar Nurul Hilal Hila-hila di Kecamatan Bontotiro. Kemudian Masjid Besar Al Kautsar di Kecamatan Kajang, Masjid Besar Baburrahman Tanuntung di Kecamatan Herlang, Masjid Besar Jabal Taqwa Tanete di Kecamatan Bulukumpa. Masjid Besar Nurul Amin Kelurahan Borongrappoa di Kecamatan Kindang.

Selanjutnya Masjid Besar Nurul Ittihadi di Kecamatan Ujungloe. Masjid Besar Fathul Yaqin Tanah Beru di Kecamatan Bontobahari lalu Masjid Besar Babul Rahman Palampang di Kecamatan Rilau Ale,  serta Masjid Besar Nurul Ittihad Ponre di Gantarang.

“Berbeda di Kecamatan Ujung Bulu, Masjid Agung Kabupaten Bulukumba berkedudukan di Ibu kota Bulukumba tapi bukan masjid besar Kecamatan Ujung Bulu tapi masjid kabupaten,” jelasnya, Selasa, 28 Maret 2023. (faj/has/B)

  • Bagikan