Hari Ini, 65 Calon Komisioner KPU Bulukumba Ikuti Tes Tertulis

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Setelah lulus di tahapan seleksi berkas 65 calon komisioner KPU Bulukumba mengikuti tahapan tes tertulis atau CAT yang digelar di Ruang ICT Menara Pinisi UNM Makassar, Kamis, 30 Maret 2023.

CAT ini salah satu tahapan yang menentukan siapa yang layak secara kapasitas menjadi komisioner KPU Bulukumba.

Jubir Timsel Komisioner KPU wilayah Sulsel I, Al Jebra Rauf mengungkapkan pada tahapan tes tertulis dan psikologi jumlah peserta yang akan lolos ke tahap selanjutnya yakni empat kali dari jumlah kebutuhan.

Artinya jika jumlah kebutuhan komisioner sebanyak lima orang, maka yang akan lolos ke tahap selanjutnya yakni wawancara dan kesehatan sebanyak 20 orang.

Dalam pelaksanaan CAT, masing-masing peserta diberikan 100 nomor soal pilihan ganda ditambah 5 nomor soal esai. Masing-masing peserta diberi waktu 2 jam 30 menit untuk menjawab keseluruhan soal.

Waktu pelaksanaan CAT dijadwalkan pukul 08.00 WITA. Jebra mengungkapkan para peserta wajib datang satu jam sebelum waktu pelaksanaan CAT.

"Sebelum mulai tes ada arahan berkaitan dengan tata cara mengerjakan soal CAT serta penyampaian soal tata tertib," terang Al Jebra Rauf, selaku Jubir Timsel Komisioner KPU Wilayah Sulsel I.

Para peserta juga dilarang membawa alat elektronik, jam, alat tulis dan lainnya ke dalam ruang CAT.

Jebra menegaskan bahwa pihaknya menjalankan tugas secara profesional dan tidak berpihak kepada calon manapun.

"Pada prinsipnya semua kita perlakukan sama," imbuh Jebra.

Setelah pelaksanaan tes tertulis dilanjutkan dengan tes psikologi pada 1 April 2023. Tempat pelaksanaan masih belum ditentukan.

Sementara itu, Rakhmat Fajar salah satu calon komisioner KPU Bulukumba yang ditemui RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID mengaku telah menyiapkan dirinya untuk menghadapi tes tertulis.

"Saya belajar mandiri di rumah, dan Insyaallah saya siap menghadapi tes," katanya saat ditemui pada Rabu, 29 Maret 2023. (ewa/has/B)

  • Bagikan