Hari Ke Sembilan, Pendaftar Caleg di Bulukumba Masih Kosong

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) dari partai politik (Parpol) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulukumba masih kosong hingga Senin, 8 Mei 2023.

Sejak mulai dibuka pada 1 Mei belum ada Parpol peserta Pemilu yang mendaftarkan nama-nama calegnya di KPU Kabupaten Bulukumba.

Ketua KPU Bulukumba, Kaharuddin yang dikonfirmasi mengungkapkan bahwa pendaftaran Bacaleg telah dibuka sejak 1 Mei dan akan berakhir pada 14 Mei 2023.

"Sampai hari ini (Senin, 8 Mei 2023) belum ada Perpol yang mendaftar," kata Kahar saat dikonfirmasi RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID.

Belum adanya Parpol yang mendaftarkan nama-nama calegnya ke KPU Bulukumba ini ditenggarai karena masih menunggu instruksi dari pengurus pusatnya masing-masing.

Seperti yang dikatakan oleh Ketua NasDem Bulukumba, Arum Spink bahwa pihaknya akan mendaftarkan nama-nama calegnya secara serentak se Indonesia.

"Kita menunggu petunjuk dari DPP soal jadwal mendaftar secara serentak. Kabar awal kita akan mendaftar di tanggal 10 Mei. Saat ini kita lagi melakukan rapat via zoom terkait rencana tersebut," kata Arum Spink.

Apakah pendaftaran belum dilakukan karena belum ada kepastian soal sistem Pemilu yakni proporsional terbuka atau tertutup, Arum Spink membantah bahwa itu tidak ada kaitannya.

"Tidak ada kaitan dengan hal itu (Sistem Pemilu, red). Karena bagi NasDem, saat ini tahapan yang berjalan adalah tahapan proporsional terbuka," tegasnya.

Arum Spink mengungkapkan bahwa saat ini NasDem Bulukuma sudah siap termasuk formasi calegnya.

"Pada prinsipnya kita sudah siap. Semua proses berjalan. Masa pendaftaran sampai tanggal 14 (Mei). Kita optimis semua bisa berjalan baik," kuncinya.

Begitu pula dengan Ketua Partai Gerindra Bulukumba, Syahruni Haris bahwa pihaknya juga masih menunggu instruksi dari pengurus pusat.

"Masih menunggu konfirmasi dari DPD dan DPP, karna biasanya pendaftaran dilaksanakan secara serentak, bersamaan mendaftar di KPU di setiap tingkatkan," kata Syahruni.

Syahruni mengungkapkan bahwa para Bacaleg Gerindra Bulukumba juga sementara merampungkan berkas pendaftaran.

"(Bacaleg Gerindra) sudah siap-siap. Ini sementara lengkapi dokumen persyaratan (pendaftaran)," tukas Syahruni. (ewa/has/B)

  • Bagikan