Petugas Haji dan TKHI Kloter 4 Bulukumba Saling Bantu Urus Jemaah Lansia

  • Bagikan
JCH Kloter 4 Bulukumba saat melakukan ziarah di Masjid Quba, Madinah.

Laporan: Kamaruddin Hambali, Petugas Haji Daerah Sulsel dan Ketua Baznas Bulukumba

MADINAH, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Kondisi Jemaah Calon Haji (JCH) Kloter 4 Bulukumba pada hari keempat di Madinah semua dalam keadaan baik. Alhamdulillah tidak ada lagi yang bermasalah. Semua sudah normal seperti yang kita harapkan. Sehari sebelumnya dilaporkan masih banyak jemaah terutama lansia dalam kondisi drop staminanya setelah melakukan rangkaian perjalanan dari kampung halaman.

Tercatat ada 3 orang jemaah dirawat insentif di Rumah Sakit. Dan hari ini Selasa 30 Mei 2023 masih ada 2 orang jemaah dalam perawatan dan pengawasan medis Tim Kesehatan Haji Indonesia. Di samping itu karena kondisi cuaca yang panas, sampai 38 derajat menyebabkan ada jamaah yang mengalami dehidrasi dan harus ditangani tim medis haji.

Tentu kita salut pada TKHI (Tenaga Kesehatan Haji Indonesia), Ketua Kloter, pembimbing haji, Petugas Haji Daerah yang bertugas di kloter 4. Semuanya bahu-membahu membantu dan memfasilitasi jemaah dalam hal penanganan jemaah Lansia. Tagline yang diterapkan adalah "Bersama kita pergi, bersama kita pulang, saling bahu membahu, dan raih haji mabrur".

Saat ini JCH juga sudah mulai beradaptasi dengan lingkungan hotel tempat menginap yang berbasis teknologi. Seperti menggunakan lift, WC, kamar, yang mungkin ada yang memang baru pertama kalinya menggunakan sarana dan fasilitas seperti itu.

Kemarin, semua jemaah dibawa melakukan ziarah ke tiga tempat. Yakni Masjid Quba, Kebun Kurma dan Jabal Uhud. Insya Allah besok jadwal kloter 4 untuk melakukan ziarah di Raodah dan Makam Rasulullah Nabi Muhammad SAW. ***

  • Bagikan