Semangat Hari Lahir Pancasila, ITD RSUD HASDR Dan DPC Srikandi PP Ajak Masyarakat Donor Darah

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Instalasi Transfusi Darah RSUD H.A.Sulthan Dg Radja Bulukumba dan DPC Srikandi Pemuda Pancasila Kabupaten Bulukumba ajak masyarakat donor darah. Kegiatan Kemanusiaan tersebut dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila tahun 2023 bertempat di ITD RSUD, Kamis 1 Juni 2023.

Ketua Panitia Andi Fadhali Putria,SKM menyampaikan kegiatan aksi donor darah dalam rangka hari lahir pancasila dengan mengambil tema "Gotong Royong Membangun Perabadan".

"Sebanyak 25 pendonor siap menyumbangkan darahnya, namun setelah dilakukan Screening tersisa 13 pendonor yang bisa diambil darahnya pada hari ini. Ada beberapa faktor yang membatalkan peserta untuk donor hari ini diantaranya Hb dan tensinya tidak memenuhi persyaratan,"ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPC Srikandi Pemuda Pancasila Bulukumba Andi Nurul Syurtiani,SE mengungkapkan kegiatan ini bisa berkelanjutan sehingga memberikan manfaat kepada sekian banyak orang yang membutuhkan darah.

"Kepada teman – teman srikandi dan Masyarakat yang ikut serta mendonorkan darahnya hari ini saya ucapkan terima kasih atas partisipasinya.Semoga apa yang kita lakukan hari ini dapat keberkahan dan bernilai pahala di sisi Allah SWT dan jika kita memberikan setetes darah berarti kita telah memberikan harapan hidup kepada yg membutuhkan,"ungkapnya.

Ketua Srikandi PP juga menyampaikan terima kasih kepada RSUD H.A.Sulthan Dg Radja Bulukumba atas kerjasama terlaksananya kegiatan aksi donor darah hari ini dan kepada sponsor kegiatan ini yang telah memberikan souvenir kepada pendonor yang datang.

Sementara itu, HUMAS RSUD Maksum Tantu,SKM.,M.Tr.Adm.Kes mengungkapkan darah merupakan materi biologis yang hidup dan belum dapat diproduksi di luar tubuh manusia. Artinya ketersediaan darah di ITDR sangat ditentukan oleh partisipasi masyarakat dalam mendonorkan darahnya.

Maksum Tantu juga menyampaikan terimakasih kepada para pendonor darah atas penyumbangan darahnya untuk menyelamatkan nyawa, memotivasi para pendonor darah agar terus menyumbangkan darahnya secara teratur, dan memotivasi masyarakat yang belum pernah mendonorkan darahnya untuk mulai mendonorkan darahnya, khususnya pada kaum muda.

"Hal tersebut merupakan kunci untuk membangun fondasi yang kuat dalam pemenuhan kebutuhan darah di Bulukumba yang berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan semua pasien yang membutuhkan transfusi darah,"tutupnya.

  • Bagikan