Andi Herfida Muchtar Motivasi Warga Ela-Ela Jadi Kelurahan Terbersih di Bulukumba

  • Bagikan
Ketua TP PKK Bulukumba Andi Herfida Muchtar saat berada di Kelurahan Ela-ela Bulukumba.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Ketua Tim Penggerak PKK Bulukumba Andi Herfida Muchtar mengunjungi Kelurahan Ela Ela Kecamatan Ujungbulu. Di kelurahan ini Herfida bertemu dengan warga yang tergabung dalam Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP) Al Ikhlas, Kamis 15 Juni 2023.

KPP ini merupakan komunitas yang menjadi garda terdepan dalam memelihara lingkungan pasca program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh) selesai. Berkat program Kotaku, lingkungan Kelurahan Ela Ela yang awalnya kumuh kini menjadi tampak rapi dan bersih dengan hasil pekerjaan jalan paving blok dan drainase.

"Ini Ela Ela kita harap menjadi contoh kelurahan yang terbersih dan sehat. Tidak hanya itu warganya juga harus produktif," ungkap Herfida Muchtar.

Produktif yang dimaksud, Kadis Kebudayaan Makassar ini bahwa ibu -ibunya memiliki kelompok usaha UMKM yang bisa dikembangkan. Jika dulu daerah ini kumuh, sekarang harus menuju kawasan yang lebih bersih dan sehat.

Untuk memperkuat ketahanan keluarga, Herfida Muchtar juga mengajak mengaktifkan kelompok Dasawisma karena melalui Dasawisma data warga akan lebih akurat, termasuk mengindentifikasi kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi.

"Dasawisma bisa membantu menyelesaikan permasalahan dengan pendekatan kekeluargaan," imbuhnya.

Lurah Ela Ela Irham Syamsurya menyampaikan terima kasih atas kunjungan Ketua Tim Penggerak PKK Bulukumba yang menyempatkan hadir bertemu dengan warga Ela Ela. Kelurahan ini kata Irham terdiri dari 2 lingkungan dan 14 RT.

"Alhamdulillah Kelurahan Ela Ela menjadi salah satu lokus Kabupaten Sehat. Kelurahan ini juga menjadi tempat studi banding pelaksanaan program Kotaku," terang Irham.

Selain gotong royong menjaga kebersihan lingkungan, warga juga membuat arisan untuk menjadi silaturahmi antar sesama warga.

Pada pertemuan tersebut, salah satu warga menampilkan berbagai model produk tas rajut hasil kerajinan yang dibuat sendiri di rumahnya. Tas rajut ini ia pasarkan di media sosial.(rls)

  • Bagikan