Dinas Kebudayaan Kota Makassar Beri Pelatihan Seni Tradisi pada Milenial di Lorong-lorong

  • Bagikan

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dinas Kebudayaan Kota Makassar sangat memperhatikan sumber daya manusia bagi para pekerja seni yang ada di kota ini. Salah satu bentuk mendukung SDM pekerja seni, Dinas Kebudayaan Kota Makassar menggelar pelatihan seni kepada generasi milenial khususnya anak muda yang ada di lorong-lorong. Salah satu pelatihan seni dilaksanakan di Pulau Lakkang, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Kamis 21 Juni 2023.

Dengan mengusung tema "Penguatan Seni Tari Tradisional Sebagai Sarana Peningkatan Tradisi Bagi Masyarakat Lorong", pelatihan ini diikuti puluhan peserta yang rata-rata kelompok milenial. Dari anak-anak hingga dewasa sangat bersemangat dan serius mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir.

"Kegiatan di Pulau Lakkang sangat menarik. Saya melihat pesertanya banyak dari generasi muda ataupun milenial," ujar Perwakilan Disbud Kota Makassar, Irmayanti S.Hut, M.M kepada RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID. Menurut Irma, bisa saja anak-anak muda ini sudah belajar dasar-dasar kesenian di sekolah, tapi materi yang diterima selama pelatihan lebih spesifik lagi.

"Makanya mereka sangat antusias dan semangat mengikuti pelatihan, baik seni tari maupun seni musik yang kami berikan hari ini," terang Kabid Penerapan Seni dan Kebudayaan ini.

Irmayanti menjelaskan, pelatihan seni merupakan program tahunan Disbud Kota Makassar. Khusus tahun 2023, program ini dilaksanakan di lorong-lorong pada empat kecamatan. "Ini adalah pelatihan ke-6 yang kita laksanakan. Kita memang menyasar lorong-lorong tahun ini. Karena sesuai visi misi Walikota Makassar mengenai pemberdayaan masyarakat yang ada di lorong," urainya. (nad)

  • Bagikan