Disebut Layak Maju Pilgub, Andi Utta Tegaskan Ingin Fokus Bangun Bulukumba

  • Bagikan
Andi Muchtar Ali Yusuf

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf menegaskan bahwa dirinya belum berpikir untuk berkontestasi di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun 2024.

Andi Utta sapaan Andi Muchtar Ali Yusuf belakangan ini dibicarakan sebagai salah satu figur yang dinilai layak naik kelas atau turut serta dalam perebutan kursi Gubernur Sulsel 2024.

Namun dalam sebuah wawancara eksklusif dengan RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID pada Selasa, 29 Agustus 2023, Andi Utta menyatakan bahwa dirinya belum berpikir untuk maju sebagai calon gubernur atau wakil gubernur.

Andi Utta menegaskan bahwa saat ini ia ingin fokus membangun Bulukumba tanpa pernah berpikir bagaimana karier politiknya ke depan.

Andi Utta mengatakan bahwa apa yang ia kerjakan selama ini motifnya bukan politik melainkan semata-mata untuk membangun Bulukumba menjadi kabupaten yang lebih baik.

"Saya tidak pikir itu (maju pada Pilgub 2024) saya kerja dulu Bulukumba saja dan saya bukan orang politik," tegas Andi Utta.

Terkait apakah kedepannya dia akan mengikuti jejak sahabatnya Walikota Makassar, Danny Pomanto yang kini telah bergabung ke Partai Politik (Parpol), Andi Utta enggan berkomentar.

"Waduh saya tidak bisa jawab itu," tukas Andi Utta saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsAppnya.

Sebelumnya, atas prestasi yang diraih Andi Utta dalam memimpin Bulukumba banyak pihak yang menilai Andi Utta sebagai salah satu figur yang layak maju pada Pilgub Sulsel 2024 mendatang.

Direktur Nurani Strategic, Dr. Nurmal Idrus menilai bahwa Andi Utta merupakan salah satu figur potensiak dari wilayah selatan Sulsel untuk bersaing di Pilgub.

"Ada banyak figur di sana yang bagus untuk diapungkan karena punya basis elektoral yang tinggi. Seperti Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf atau Andi Utta dan Bupati Bantaeng Ilham Azikin," kata Nurmal.

Nurmal memberi catatan khusus kepada Andi Utta, karena meski baru dua tahun menjabat sebagai orang nomor satu di Bulukumba, figur Andi Utta menurutnya cukup sukses dalam membangun kekuatan basis elektoralnya.

"Dibanding figur lain, Andi Utta punya basis elektoral jelas dan pasti karena masih mengendalikan kepemimpinan Bulukumba. Dia sukses menjaga basis massanya dan bahkan kini makin tebal karena pemilih yang dulu tak memilihnya kini perlahan dia gaet," tambahnya.

Basis elektoral Andi Utta sesungguhnya termasuk besar karena mengendalikan hingga lebih 300.000 pemilih yang ada di sana.

"Andi Utta menggaet lebih dari 90.000 suara di Pilkada 2020. Jumlah itu dipastikan meningkat karena kini dia seorang kepala daerah. Itu basis yang sangat berarti di tengah perimbangan kekuatan yang terjadi di antara semua figur menuju Pilgub Sulsel," kata Nurmal kepada RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID pada 19 Maret 2023, lalu. (Ewa/Has)

  • Bagikan