Akbid Tahira Al-Baeti Kembangkan Teknologi AI

  • Bagikan
Pelatihan Teknologi AI di Akbid Tahira Al-Baeti Bulukumba, Selasa 12 September 2023.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Akademi Kebidanan Tahira Al-Baeti (AKTABE) Kabupaten Bulukumba, mulai mengembangkan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam sistem pembelajaran. Sebagai langkah awal, pihak kampus melakukan pelatihan kepada mahasiswa pada Selasa 12 September 2023.

Ketua Unit Penjaminan Mutu (UPM) Akbid Tahira Bulukumba, Dr. Sry Ningsih, S.S., M.Hum menjelaskan, AI diciptakan untuk membuat teknologi yang mampu meniru aktivitas kognitif manusia. Seperti cara belajar (learning), melakukan penalaran (reasoning), mengambil keputusan (decision making), dan mengoreksi diri (self correction).

"AI dapat membantu mahasiswa mendorong kemampuan akademiknya agar lebih baik. Misalnya menulis makalah, menemukan ide penelitian, membaca publikasi ilmiah, membuat materi presentasi lebih cepat dan, belajar Bahasa Inggris secara mandiri," terangnya, Rabu 13 September 2023.

Dr. Sry Ningsih, S.S., M.Hum menjelaskan, pelatihan ini digelar untuk membekali mahasiswa pengetahuan tentang penggunaan kecerdasan buatan dalam belajar, khususnya menulis karya tulis ilmiah dan Bahasa Inggris.

"Kami berharap mahasiswa bisa belajar mandiri dan mengerjakan tugas-tugas kuliah dengan tepat dan cepat. Khusus Bahasa Inggris, mahasiswa diharapkan bisa memiliki kemampuan berbahasa asing sebagai modal bekerja ke luar negeri,"harapnya.

Model pembelajaran ini pun disambut baik oleh mahasiswa, salah satunya Siti Nurul Aini. Mahasiswa semester V ini mengaku sangat terbantu dalam proses pembelajaran.

Apalagi seperti dirinya yang sementara menyusun proposal penelitian. Dengan memanfaatkan teknologi AI sangat mempermudah proses penyusunan proposalnya.

"Ada banyak sekali aplikasi ataupun website yang bisa digunakan untuk mencari berbagai referensi. Tentu kami juga sebagai mahasiswa harus bisa mengimbangi perkembangan tersebut agar kita tidak digantikan juga oleh mesin/teknologi,"tutupnya. (**)

Penulis: SumarniEditor: Suparman
  • Bagikan