Dekranasda Bulukumba Bawa Penenun Bira di Pameran Kriyanusa 2023 Jakarta

  • Bagikan
Ketua Dekranasda Bulukumba Andi Herfida Muchtar berbincang dengan salah seoran penenun milenial dari Kajang di Booth Bulukumba di JCC, Jakarta.

JAKARTA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pameran Kriyanusa 2023 mulai dibuka Rabu 13 September 2023 di Jakarta Convention Center (JCC). Pameran ini diikuti seluruh Dekranasda dari berbagai provinsi di Indonesia termasuk dari kabupaten/kota.

Dekranasda Kabupaten Bulukumba tak ketinggalan ambil bagian di even nasional yang digelar setiap tahunnya. Ketua Dekranasda Bulukumba Andi Herfida Muchtar yang hadir pada pembukaan Pameran Kriyanusa 2023 mengatakan, momentun Kriyanusa 2023 sangat baik tepat untuk mempromosikan semua potensi kriya dari Kabupaten Bulukumba. Terutama tenun Kajang dan tenun Bira yang menjadi daya tarik tersendiri dari butta panrita lopi.

"Alhamdulillah Pameran Kriyanusa tahun ini kita bisa membawa penenun Bira yang datang lengkap dengan alat tenun tradisionalnya. Selain memamerkan hasil karya tenun Bira, di booth Kabupaten Bulukumba, pengunjung bisa melihat langsung proses pembuatan kain kenun," ujar Andi Herfida.

Andi Herfida juga berharap produk-produk yang dipamerkan di Kriyanusa 2023 bisa laku terjual agar para penenun bisa terus berkarya dan memproduksi kain tenun dengan maksimal. "Saat ini Dekranasda Bulukumba aktif mendampingi para penenun agar mereka termotivasi untuk lebih kreatif, melakukan modifikasi lagi agar hasil tenun ibu-ibu di Kajang dan Bira kualitasnya makin baik," urainya.

Pada pembukaan Pameran Kriyanusa 2023 tampak Ketua Dekranasda Provinsi Sulsel Sofha Marwah Bahtiar mengunjungi Booth Kabupaten Bulukumba dan berbincang akrab dengan Ketua Dekranasda Bulukumba Andi Herfida Muchtar. Sofha berharap Pameran Kriyanusa bisa membawa dampak yang besar terutama kepada para penenun di kampung-kampung. "Semoga kegiatan ini dapat memberikan hasil yang bermanfaat bagi pengembangan industri kerajinan di Sulsel dan tentu saja meningkatkan kesejahteraan para penenun," tandasnya. ***

  • Bagikan