Andi Hamran, Mengawali Karir sebagi Guru Honorer, Kini Pimpin Sekolah Unggulan

  • Bagikan
Andi Hamran,S.P., M.Pd., Kepala SMKN 1 Bulukumba

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Profesi guru saat ini mendapat tempat spesial di masyarakat. Selain status sosial, kesejahteraan para pendidik juga telah mendapat perhatian lebih dari pemerintah.

Dengan gaji serta tunjangan yang diberikan pemerintah, nyaris kebutuhan bagi profesi yang digelar 'pahlawan tanpa tanda jasa' ini sudah lebih dari cukup. Meski begitu, tanggung jawab yang dipikul dalam mencerdaskan kehidupan bangsa juga tidak sedikit.

Hal ini tercermin dari sosok pendidik satu ini. Pria bernama lengkap Andi Hamran.,S.P M.Pd., ini telah menggeluti profesi sebagai seorang guru selama 20 tahun. Kini yang dipercaya untuk memimpin UPT SMKN 1 Bulukumba, salah satu sekolah unggulan di Butta Panrita Lopi.

Bagi Hamran, profesi guru bukanlah semata mengejar status sosial, kebutuhan materi. Menurutnya, menjadi guru adalah pilihan hidup dan tidak semua orang punya kesempatan menjalani profesi ini mulia ini.

Selain motivasi mencerdaskan generasi penerus bangsa yang berakhlak, kesadaran akan amanah yang diberikan dengan segala risikonya juga menjadi menjadi tantangan tersendiri. Terlebih dengan amanah sebagai pemimpin satuan pendidikan.

"Menjadi seorang guru tidak memberikan status sosial dan kebutuhan materi. Akan tetapi menjadi guru adalah pengabdian dalam mendidik anak bangsa untuk menjadi generasi yang berakhlak dan cerdas," ucap Hamran, Rabu 13 September 2023.

Pria Kelahiran Borong, 27 Agustus 1976 silam itu memulai karir sebagai guru honorer sekitar tahun 2004 sampai 2006 di SMKN 2 Kindang. Kemudian tahun 2006 diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan dipindahtugaskan ke SMKN 4 Bulukumba sebagai guru hingga tahun 2007.

Di tahun yang sama, Hamran kemudian dipercaya menjabat sebagai wakil kepala sekolah sampai 2012. Tak lama, ia diberikan amanah lebih besar dengan menjabat sebagai kepala sekolah di SMKN 4 Bulukumba sejak tahun 2012-2023.

"Alhamdulillah tahun 2023 ini setelah mengikuti berbagai tahapan saya dipercayakan memimpin SMKN 1 Bulukumba, salah satu sekolah unggulan di Kabupaten Bulukumba. Tentu itu menjadi suatu kebanggaan,"ungkap.

Alumnus magister (S2) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar Program Studi (Prodi) Pertanian tersebut juga dikenal sebagai sosok pemimpin dengan deretan inovasi yang diterapkan di sekolahnya. Di antaranya pemanfaatan lahan kosong menjadi produktif dan penerapan program literasi Al-Qur'an.

"Pendidikan beserta kurikulumnya terus berkembang seiring majunya zaman. Hal ini menuntut sekolah memiliki peran lebih untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di lingkungan sekolah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan lahan sekolah sebagai media pembelajaran dalam pengenalan berbagai jenis tanaman, seperti tanaman kepada anak didik,"bebernya.

Lebih lanjut Hamran menjelaskan, program literasi Al-Qur'an, sudah diimplementasi kepada peserta didik sejak masih menjadi guru honorer. Karena menurutnya pendidikan keagamaan sangat penting dalam membentuk karakter anak didik.

"Program ini saya berlakukan untuk siswa dan guru," jelas pria yang dikenal ramah dan murah senyum itu.

Atas dedikasinya, Andi Hamran hingga kini juga dipercayakan memimpin berbagai organisasi, salah satunya sebagai Ketua MKKS SMK 2021 sampai sekarang dan Ketua PGRI Cabang khusus SMK di Kabupaten Bulukumba. Sejak menjabat sebagai Kepala SMKN 1 Bulukumba, ia berhasil menjadikan SMKN 1 Bulukumba sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK) dan sementara ini, menuju Adiwiyata Nasional Mandiri.

"Alhamdulillah tahun ini SMKN 1 Bulukumba berhasil menjadi SMK-PK di Bulukumba, hanya ada tiga sekolah di Bulukumba. Dan sekarang persiapan menuju SMK Adiwiyata Nasional Mandiri. Kami berharap semoga prestasi SMKN 1 Bulukumba dapat terus ditingkatkan dan semoga sebagai SMKN Badan Layanan Umum Daearah (BLUD) juga dapat dipertahankan,"tutupnya. (*)

Profil Singkat

  1. Nama : Andi Hamran
  2. TTL : Borong, 27 Agustus 1976
  3. Alamat : Jln. Lure Nomor 3 Kel Ela-ela
  4. Kepala SMKN 1 Kabupaten Bulukumba.
  • Bagikan