Cegah Kematian Ibu dan Anak, Pemdes Manjalling Perkuat Kelas Ibu Hamil

  • Bagikan
FITRIANI SALWAR/RADAR SELATAN

UJUNGLOE, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Kasus kematian ibu dan anak menjadi perhatian besar pemerintah, termasuk pemerintah desa. Seperti yang dilakukan Pemerintah Desa Manjalling, Kecamatan Ujungloe, yang berkomitmen mencegah kasus kematian ibu dan anak di desanya.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Desa Manjalling dengan memperkuat program kelas ibu hamil. Progam ini menjadi prioritas setiap tahunnya guna memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya ibu hamil.

"Kelas ibu hamil ini sangat penting dilakukan karena menyangkut kesehatan dan keselamatan seorang ibu saat persalinan dan anak pada saat dilahirkan," kata Kaur Umum Desa Manjalling, Marniati, Kamis 14 September,

Dalam program ini, lanjut Marniati, pemerintah desa melibatkan seluruh kader, petugas kesehatan, dan pihak Puskesmas. Selain itu, pendataan ibu hamil dan bayi baru lahir terus dilakukan oleh para kader Posyandu di masing-masing wilayah.

"Setiap bulan juga dilakukan pemeriksaan kesehatan ibu hamil di Posyandu," terangnya.

Bidan Desa Manjalling, Eka Afriani Harfyan HM, Amd.Keb, menambahkan, melalui program kelas ibu hamil pihaknya memberikan eduksi pencegahan. Misalnya pemberian gizi seimbang, persiapan menghadapi proses persalinan, perawatan pasca persalinan dan nifas, hingga perawatan bayi baru lahir dan KB.

"Mereka juga diedukasi untuk mengenal tanda bahaya kehamilan dan tanda bahaya masa nifas. Selain kelas ibu hamil, di Desa Manjalling juga ada senam ibu hamil," tambahnya.(*)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Suparman
  • Bagikan