Syamsul Bahri, Mengawali Karir sebagai Guru Honorer, Kini Pimpin SMKN 4 Bulukumba

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Berbicara soal dunia pendidikan, memang tak ada habisnya. Kemajuan peradaban manusia yang dibarengi perkembangan teknologi yang semakin pesat, mau tak mau harus diiringi dengan kualitas pendidikan yang baik pula.

Salah satu indikator majunya pendidikan, adalah kualitas pendidik atau guru. Selain menjadi triger ilmu, guru juga menjadi cermin peradaban masa depan suatu bangsa.

Hal ini menjadi pegangan Syamsul Bahri, Kepala SMKN 4 Bulukumba. Pria yang mengawali karir sebagai pendidik 13 tahun silam, menilai guru sebagai panutan bagi peserta didik yang memainkan peran penting dalam menciptakan masa generasi mendatang.

"Seorang guru memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengajar, mendidik, melatih para siswa agar menjadi individu yang berkualitas, baik dari sisi intelektual maupun akhlaknya," ucap pria Pria kelahiran Tanahberu, 04 Maret 1984 silam ini.

Selain itu, guru juga bertanggung jawab dalam menilai kinerja peserta didik, memberikan umpan balik konstruktif, dan membimbing peserta didik dalam memahami konsep-konsep yang diajarkan. Bagi Syamsul sapaan akrabnya, menjadi seorang guru tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga membentuk karakter dan membimbing peserta didik dalam mempersiapkan masa depan mereka.

"Menjadi seorang guru harus memiliki sikap ikhlas dalam menjalankannya. Biarkan Allah Swt., yang mengatur segalanya dan jangan menunggu untuk memulai, tapi memulailah untuk jadi besar," ujarnya.

Syamsul juga mengaku meniti karir sebagai guru mulai dari nol. Ia bercerita, awalnya ia memutuskan untuk mengabdi sebagai guru honorer di SMKN 5 Bulukumba pada tahun 2010 silam.

Meski ia mengetahui, secara finansial pendapatan sebagai guru honorer tidak sebarapa. Namun tekadnya untuk menjadi seorang pendidik tak tergoyahkan. Baginya, nasib setiap manusia telah ditentukan oleh Allah Swt.

"Kuncinya ikhlas. Jalani saja, biar Allah yang tunjukkan jalan-Nya," singkatnya.

Di waktu yang sama, lulusan magister (S2) STIE Amkop Makassar ini juga nyambi sebagai pengejar di STIKes Panrita Husada Bulukumba sampai tahun 2019. Tak menunggu waktu lama, kesabaran dan keikhlasannya pun terjawab.
Ayah lima anak ini pun dinyatakan lulus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun 2010. Karirnya terus melejit, dua tahun berselang tepatnya tahun 2012, Syamsul diamanahkan sebagai Wakil Kepala Bidang Kurikulum sampai 2023 di SMKN 5 Bulukumba.

Kemudian di tahun 2023 ini, Syamsul akhirnya dipercayakan menjadi kepala unit pelaksana teknis atau kepala sekolah di SMKN 5 Bulukumba.

"Menjalankan amanah-amanah besar ini tentu penuh banyak perjuangan. Yang terus saya pegang bahwa menjadi seorang tenaga pendidik, harus memiliki kesadaran penuh akan tanggung jawab dengan amanah yang dipikulnya," ujarnya.

Meski baru menjabat sebagai kepala sekolah, Syamsul telah melakukan berbaga inovasi di sekolahnya. Salah satunya berhasil mengolaborasikan dua jurusan yang ada di SMKN 4 Bulukumba, yaitu jurusan teknik instalasi listrik agar dapat menopang jurusan agrobisnis, teknologi pertanian, dan holtikultura dalam mengembangkan wirausaha.

"Menciptakan sebuah inovasi sangat membutuhkan dukungan penuh dari semua pihak semoga semua pihak dapat berkolaborasi mendukung suksesnya inovasi ini,"harapnya.Selain itu, suami dari Lismawati, S.Pd., ini pun telah menyabet berbagai penghargaan di bidang pendidikan. Di antarnaya, tahun 2014, ia dianugerahi penghargaan sebagai Guru Teladan Tingkat Sekolah.

Selain itu, Syamsul juga aktif di berbagai organisasi guru. Di antaranya sebagai Wakil Ketua MGMP Bahasa Inggris SMK Tingkat Kabupaten Bulukumba, Komunitas Guru Penggerak Kabupaten Bulukumba, dan pengurus MKKS SMK Kabupaten Bulukumba.

Syamsul bercitia-cita akan menjadikan SMKN 4 Bulukumba sebagai Sekolah Pusat Keunggulan di Kabupaten Bulukumba. Meskipun diakuinya, hal itu berat karena persyaratan jumlah siswa yang tidak memadai.

"Namun segala upaya akan kita lakukan agar bisa menjadi salah satu Sekolah Pusat Keunggulan di Kabupaten Bulukumba,"tutupnya. (**)

----------------------------
Profil Singkat

1. Nama : Syamsul Bahri ,S.Pd.,M.M
2. TTL : Tanahberu, 04 Maret 1984
3. Alamat : Lingkungan Tokambang, Kel. Tanah Lemo Kec. Bontobahari
4.  Hobby : Berolahraga
5. Nama Istri : Lismawati,S.Pd
6. Nama Anak :  
         1. Muh. Adzaka Albhi
         2. Syafiaqah Kaltsum Apbhi
         3.  Muh. Aghlan Albaihaqi Albhi
         4. Latifa Humairah Apbhi (Putri Kembar)
          5. Latisha Humairah Apbhi (Putri Kembar)

  • Bagikan