Bulog Salurkan Cadangan Beras Pemerintah untuk Masyarakat

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Perum Bulog (Badan Urusan Logistik) Kabupaten Bulukumba, kembali menyalurkan cadangan beras pemerintah untuk bantuan pangan tahun 2023 untuk tahap kedua. Bantuan tersebut dilepas secara resmi di Gudang Bulog Mariorennu, Selasa 19 September 2023.

Pelepasan bantuan tersebut diawali pengecekan kualitas beras yang dilakukan oleh Kapolres Bulukumba, AKBP Supriyanto, didampingi Pimpinan Cabang Bulog Bulukumba, Ervina Zulaeha, Kepala Dinas Pertanian dan Katahanan Pangan, Tayeb Manangkasi dan Kepala Dinas Sosial Bulukumba, A Mappiwalli serta unsur lainnya.

Ervina Zulaeha menyampaikan, pengecekan beras ini untuk memastikan bahwa beras yang akan didistribusikan kepada masyarakat memenuhi standar kualitas yang diperlukan untuk dikonsumsi.

"Beras yang lolos pengecekan ini akan dianggap layak untuk didistribusikan sebagai bantuan pangan,"ujarnya.Lebih lanjut Ervina menjelaskan, untuk penyaluran tahap kedua periode September, Oktober, dan November ini jumlah kuantum sebanyak 300.290 ton. Dengan asumsi 30.029 Kelompok Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di 10 kecamatan di Kabupaten Bulukumba.

"Sebenarnya penyaluran itu bulan Oktober akan tetapi ada imbau dari pemerintah untuk dipercepat penyalurannya. Ini sebagai langkah signifikan dalam upaya memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, dengan harapan bantuan ini dapat membantu masyarakat dan kami berharap bisa menekan inflasi harga beras di Bulukumba, serta sektor beras lebih aman dan terkendali,"tuturnya.

Sementara itu, Kadis Pertanian Bulukumba, Tayyeb Maningkasi mengungkapkan, meski Kabupaten Bulukumba tidak termasuk zona merah El Nino atau kekeringan, namun penyaluran bantuan ini untuk mengantisipasi kelangkaan pangan khususnya beras akibat dari dampak El Nino.

"Sebagai upaya yang kami lakukan agar bantuan ini tepat sasaran, mengingat tidak lama lagi akan masuk tahun politik, dalam setiap penyaluran kami ikut melibatkan Bawaslu dan TNI/Polri agar bantuan tersalurkan dengan tepat sasaran dan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat,"tambahnya.

Terpisah, Kapolres Bulukumba, AKBP Supriyanto mengaku pihaknya akan mengawal dan mengawasi pendistribusian bantuan tersebut kepada masyarakat sasaran penerima.

"Langkah konkret ini menunjukkan bahwa pemerintah siap bertindak cepat dalam mengatasi krisis dan memberikan dukungan kepada warganya,"tutupnya. (sum/man/**)

Penulis: SumarniEditor: Suparman
  • Bagikan