Dinas Kebudayaan Kota Makassar Lakukan Pendataan Makam Kuno di Pulau Barrang Lompo

  • Bagikan

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dinas Kebudayaan Kota Makassar melakukan pendataan makam kuno yang terdapat di Pulau Barrang Lompo, 20 September 2023. Pendataan ini berkaitan dengan tugas bidang pelestarian sejarah, tradisi dan cagar budaya Disbud Kota Makassar.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan Kota Makassar, Andi Herfida Attas, Pulau Barrang Lompo merupakan pulau yang sangat indah di wilayah Pemerintah Kota Makassar. Pulau ini masuk dalam kecamatan Sangkarrang. "Pulau ini menawarkan pesona wisata yang menawan dan unik. Termasuk wisata budaya dan sejarah yang ada di pulau ini," ujar Andi Herfida.

Ia mencontohkan warisan budaya berupa makam-makam kuno yang diyakini sebagai makam para ulama Islam yang masuk di Makassar mulai abad 17 Masehi. Karenanya makam-makam tersebut bisa dikategorikan sebagai makam kuno.

"Peninggalan makam kuno dengan ragam tipe bisa kita temukan di sini. Lokasinya berada di bagian Timur di sekitar area Masjid Nurul Yaqien," terang Andi Herfida.

Refleksi keragaman pada makam-makam kuno di Pulau Barrang Lompo menggambarkan entitas masyarakat muslim dengan latar belakang kedaerahan yang berbeda. (adv)

  • Bagikan