Disparpora Bulukumba Sukses Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Trekking

  • Bagikan
Pelatihan pemandu wisata trekking.

BULUKUMBA,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dinas pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Bulukumba menggelar pelatihan pemandu wisata gunung atau trekking. Kegiatan tersebut berlangsung sejak tanggal 22 hingga 24 September 2023.

Kepala Disparpora Bulukumba, Ferriawan Z Fahmi mengatakan, pelatihan ini sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi dan kemampun pemandu wisata khususnya APGI Bulukumba dan para pendaki gunung tentang kepemanduan wisata gunung. Mengingat potensi pariwisata Bulukumba yang didukung dengan sumber daya alam yang ada.

"Perlu kita ketahui bahwa Kabupaten Bulukumba kaya akan wisatanya baik
dari wisata pantai, alam maupun wisata gunung," katanya.

Pemerintah Kabupaten Bulukumba, lanjut Ferriawan, akan terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia maupun sumber daya alam di sektor pariwisata. Selain sarana dan prasaran yang memadai, juga kapasitas pemandunya.

"Kita berharap para pemandu wisata di Bulukumba bisa lebih meningkatkan SDM-nya dan memiliki lisensi profesional. Tentu ini akan memberikan kepercayaan lebih kepada sumber daya yang kita milik dan berdampak pada peningkatan wisatawan baik lokal maupun mancanegara," terangnya.

Sementara itu Fungsional Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Disparpora Bulukumba, Andi Aryono, menambahkan, pelatihan tersebut diikuti 40 peseta yang berasal dari komunitas pendaki gunung Bulukumba, anggota Saka Pariwisata dan anggota Kwarcab Pramuka Bulukumba serta anggota Pokdarwis Kahayya Hills. Kegiatan berlangsung mulai tanggal sampai 24 September 2923 di Hotel Agri dan Desa Wisata Kahayya.

"Kegiatan ini pada dasarnya bertujuan untuk mengingkatkan ilmu pengetahuan dan kompetensi dalam melakukan pendakian di gunung serta bagaimana melakukan kepemanduan wisata gunung," tutupnya. (adv).

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Suparman
  • Bagikan