MIN 1 Bulukumba Ciptakan Inovasi Pembelajaran Baru

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- MIN 1 Kabupaten Bulukumba terus berupaya aktif untuk memajukan kualitas pendidikan. Kini Madrasah tersebut kembali melahirkan inovasi baru, yakni "MIN 1 Bulukumba Eksplorasi".

Kepala MIN 1 Bulukumba, Nelvy mengatakan inovasi akan menjadi bagian integral dari kurikulum madrasah mulai dari semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Tujuannya adalah untuk mendorong siswa-siswa MIN 1 Bulukumba agar lebih aktif dalam mengeksplorasi pengetahuan di luar ruang kelas.

"Program ini adalah langkah inovatif dalam upaya madrasah untuk memberikan pendidikan yang lebih holistik kepada peserta didik. Kami ingin siswa tidak hanya belajar di dalam kelas, tetapi juga mengalami pembelajaran di luar kelas. Kami percaya bahwa pengalaman langsung ini akan membantu mereka mengembangkan keterampilan, pemahaman, dan penghargaan terhadap alam di sekitar mereka," tambahnya.

Lebih lanjut Nelvy menuturkan, program ini akan mencakup berbagai kegiatan, seperti kunjungan lapangan, Kegiatan Projek Penguatan P5, Penguatan Karakter Spiritual, Ektrakurikuler dan beberapa proyek lainnya. Peserta didik akan diberikan kesempatan untuk memilih kegiatan sesuai minat dan bakat mereka, sehingga mereka dapat lebih berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.

"Kami juga akan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk lembaga pendidikan lokal, lembaga dan komunitas masyarakat yang bertujuan untuk mendukung pelaksanaan program-program unggulan madrasah. Hal ini diharapkan akan memberikan peserta didik akses kepada berbagai sumber daya dan pengalaman yang beragam," tambahnya.

Inisiator program, Nasrun mengungkapkan perlu keterlibatan semua pihak terutama para orang tua dan wali siswa untuk berpartisipasi aktif dalam mendukung program ini. Menurutnya, pendidikan adalah tanggung jawab bersama antara sekolah dan keluarga.

"Untuk itu keterlibatan dan dukungan dari para orang tua dan wali siswa akan mendorong program ini agar berjalan lancar, serta memberikan ide, saran, dan dukungan agar program ini dapat berhasil," bebernya.

Nasrun juga mengungkapkan MIN 1 Bulukumba optimis bahwa program "MIN 1 Bulukumba Eksplorasi" akan membawa manfaat besar bagi perkembangan akademik dan pribadi siswa-siswanya.

"Dengan semangat eksplorasi dan kolaborasi yang kuat, sekolah ini berkomitmen untuk terus menjadi tempat yang inspiratif untuk belajar dan tumbuh,"tutupnya.(sum/man/**)

Penulis: SumarniEditor: Suparman
  • Bagikan