Tak Penuhi Syarat, Pilketos SMAN 2 Bulukumba Diulang

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- SMA Negeri 2 Kabupaten Bulukumba, akan kembali menggelar Pemilhan Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (Pilketos). Pemilhan ulang ini dilakukan setelah pemilihan sebelumnya yang diselenggarakan pada Selasa 26 September 2023, lalu dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Guru SMAN 2 Bulukumba, Muhammad Syahrul mengatakan, pada Pilketos dengan sistem e-voting sebelumnya diikuti empat pasangan kandidat. Namun, tak satupun kandidat yang berhasil meraih lebih dari 50 persen dari total 1.020 pemilih.

"Perolehan suara tertinggi diraih oleh pasangan calon nomor urut 1, yakni Suci Awalia Akil dan Nurasirah, dengan jumlah 40,31 persen suara dari total partisapasi pemilih secara keseluruhan 79,02 persen. Sementara syaratnya, pasangan calon harus meraih lebih dari 50 persen suara," terangnya.

Syahrul menjelaskan sistem e-voting sangat memudahkan para pemilih dalam menentukan pilihannya. Karena pemilih hanya menunjukkan surat undangan yang kemudian diverifikasi oleh petugas.

"Setelah itu pemilih mendapat kode barcode yang berfungsi mengaktifkan layar pemungutan suara," jelasnya.

Setelah mucul gambar calon, lanjut Syahrul, pemilih hanya tinggal memilih calon. Bahkan dalam sistem ini, jika pilihannya tidak sesuai atau ganti pilihan, pemilih juga dapat menganulir dan kemudian memilih kembali.

"Dengan sistem e-voting ini sangat efisien dan efektif, karena memudahkan pemilih," ujarnya.

"Untuk pemilihan ulangnya kami jadwalkan pada hari Jumat, 29 September 2023, target 50 persen tambahan 1 suara. Semoga berjalan lancar dan sukses serta terpilih kandidat yang mampu mengembang amanah," tutup Syahrul.

Diketahui, dalam Pilketos ini diikuti empat pasangan calon, yakni  nomor urut 1, Suci Awalia Akil dan Nurasirah, nomor 2 A Suci Ramadhani Sakinah dan Indsya Agni, nomor urut 3 Fayasa Galia Rahmat dan Tanisha Hasti, dan nomor urut 4 Tiara Putri Lestari dan Mizwar. (sum/man/**)

Penulis: SumarniEditor: Suparman
  • Bagikan