Festival Pinisi 2023: Andingingi, Sensasi Berlayar, Lomba Memancing, dan Festival Layang-layang!

  • Bagikan
Upacara Songkabala Ri Bantilang Ammossi Annyorong Lopi pada Festival Pinisi 2022

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Walaupun tersingkir dari Kalender Event Nasional (KEN) 2023, Festival Pinisi Kabupaten Bulukumba akan tetap digelar pada 25 hingga 27 Oktober 2023.

Kepala Dinas Parawisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bulukumba, Feriawan Z Fahmi, yang telah mengumumkan bahwa Festival Pinisi 2023 akan menggebrak lebih heboh daripada sebelumnya.

Ada beragam kejutan yang menanti dalam penyelenggaraan Festival Pinisi 2023. Mengawali perayaan itu, akan ada prosesi adat Andingingi di kawasan adat Kajang pada 25 Oktober 2023. Ini akan menjadi pengalaman budaya yang tak terlupakan bagi semua yang hadir.

Tak hanya itu, penyelenggara juga telah menyiapkan dua Kapal Pinisi mewah bagi para tamu undangan. Mereka akan diajak berlayar mengelilingi keindahan pelabuhan Bira sambil menikmati keajaiban matahari terbenam.

Menariknya lagi, Festival Pinisi 2023 akan menggelar lomba memancing yang seru. Peserta lomba akan naik kapal nelayan dari PPI Bontobahari menuju laut lepas, mencari keberuntungan, dan kembali di pagi hari.

"Hasil pancingan para peserta akan dinikmati bersama dalam sebuah Gala Dinner mewah di Pasir Putih Bira pada malam puncak acara," ungkap Feri saat dikonfirmasi RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID pada Kamis, 5 Oktober 2023

Dan tidak kalah menariknya Festival Pinisi 2023 akan dirangkaikan dengan Festival Layang-layang yang tak kalah seru di Bira.

Selain kegiatan yang baru, pada Festival Pinisi tahun ini juga masih akan ada upacara adat Songkabala Ri Bantilang Ammossi Annyorong Lopi yang akan dipusatkan di pusat pembuatan Kapal Pinisi, Kecamatan Bontobahari.

Kegiatan Festival Pinisi 2023 diselenggarakan lebih meriah tidak terlepas dari jumlah anggaran yang lebih besar.

Tahun ini kegiatan tersebut didukung dengan anggaran sekitar 530 juta rupiah, dibandingkan dengan  300 juta rupiah pada tahun lalu.

Feriawan berharap seluruh masyarakat Bulukumba akan bergabung dan memberikan dukungan penuh agar Festival Pinisi 2023 menjadi sukses besar.

"Kegiatan ini akan sukses jika masyarakat Bulukumba turut mendukung dan berpartisipasi dalam pelaksanaannya," harap Feri. ***

  • Bagikan