SMAN 7 Bulukumba Luncurkan Komunitas Caradde

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- SMAN 7 Bulukumba membentuk komunitas belajar yang diberi nama Caradd atau Cakap Responsif Aktif Dedikatif Dan Empati. Komunitas tersebut diluncurkan, Jumat 6 Oktober 2023.

Kepala SMAN 7 Bulukumba, Harmini mengatakan, keberadaan komunitas belajar sangat bermanfaat bagi guru. Pertama, memudahkan guru dalam mengembangkan pemahaman terhadap implementasi kurikulum merdeka. 

Dalam komunitas, guru bisa berdiskusi dan bertukar pikiran. Kedua, komunitas belajar menjadi wadah dan media guru bekolaborasi dan bersenergi satu dengan yang lain.

"Selain itu, meminimalisir atau mengurangi ketimpangan kompetensi antar pendidik. Dengan demikian peserta didik akan memperoleh pengalaman belajar dengan kualitas yang sama siapapun pendidiknya," jelasnya

Harmini juga menjelaskan yang tergabung dalam komunitas ini yakni para pendidik dan tenaga kependidikan. Dalam komunitas ini memiliki karakter yang cakap responsif dedikatif dan empati dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar.

"Dengan adanya komunitas belajar ini akan memudahkan anggota dalam berdiskusi, berkolaborasi dan berkomunikasi untuk meningkatkan kemampuan literasi, numerasi serta tercapainya pembelajaran yang berpihak pada peserta didik," tutupnya.

Pengawas Pembina, Hj. Rosmaya Umar, menyampaikan apresiasi inovasi program komunitas belajar tersebut. Ia berharap komunitas ini segera menyusun program kerja dan dilaksanakan sesuai hasil rapor pendidikan.

"Terlebih lagi diharapkan partisipasi pendidik menggunakan Platform Merdeka Mengajar (PMM) sebagai aplikasi dalam memudahkan implementasi kurikulum merdeka," ujarnya.(sum/man/***)

Penulis: SumarniEditor: Suparman
  • Bagikan