Dalam Sehari Dua Peristiwa Kebakaran di Bulukumba, Warga Diimbau Waspada

  • Bagikan
Kebakaran yang meluluhlantakkan satu unit rumah di Borongloe, Desa Benteng Gantarang pada Senin, 9 Oktober 2023.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Kabupaten Bulukumba mengalami dua peristiwa kebakaran dalam satu hari pada Senin, 9 Oktober 2023.

Peristiwa itu meningkatkan kekhawatiran di tengah kemarau panjang yang melanda wilayah Butta Panrita Lopi ini.

Peristiwa kebakaran pertama terjadi sekitar pukul 09.15 WITA di Dusun Polewali, Desa Salemba, Kecamatan Ujung Loe. Meskipun tidak ada korban jiwa, satu unit rumah warga dilaporkan hangus, dan kerugian materil mencapai 250 juta rupiah.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar), Muh Idham, mengungkapkan bahwa kebakaran tersebut diduga dipicu oleh konsleting listrik.

Tim Damkar segera merespons dengan mengirimkan 4 unit armada dan 17 personel Damkar ke lokasi kejadian. Warga sekitar juga turut membantu dalam upaya pemadaman.

Hanya dalam kurang dari satu jam, peristiwa serupa juga melanda salah satu rumah warga di Dusun Borongloe Tengah, Desa Benteng Gantarang.

Peristiwa ini juga tidak menimbulkan korban jiwa, namun pemilik rumah mengalami kerugian materil sekitar 100 juta rupiah. Konsleting arus listrik diduga menjadi penyebab kebakaran tersebut.

Idham menjelaskan bahwa pihaknya menurunkan 3 unit armada dan 18 personel Damkar untuk melakukan pemadaman di Borong Loe.

Peristiwa ini memicu perhatian terhadap upaya pencegahan dan keselamatan di tengah risiko kebakaran yang meningkat selama musim kemarau.

Idham mengimbau masyarakat khususnya di Kabupaten Bulukumba untuk tetap waspada terhadap kebakaran.

Idam menyampaikan beberapa hal yang harus dipatuhi masyarakat dalam menghindari terjadinya kebakaran.

Pertama, jangan meninggalkan meninggalkan kompor dalam keadaan menyala saat keluar rumah atau sedang beraktivitas lain. Kedua, jangan memasang staker lampu dengan cara menumpuk atau terlalu banyak dalam satu aliran.

Ketiga, dilarang membakar sampah dalam volume besar apalagi di tengah lingkungan yang padat penduduk. Keempat, tidak membuang puntung rokok sembarangan pada tempat yang mudah terbakar.

"Jika melihat kebakaran segera hubungi pemadam kebakaran di nomor 0413 8213 dan gunakan alat serta bahan seadanya dulu untuk memadamkan api sampai petugas kebakaran tiba di lokasi," Idham mengingatkan. ***

  • Bagikan