Tempat Ibadah Diduga Dibakar OTK Kerugian Capai Ratusan Juta, Polisi Selidiki

  • Bagikan
Petugas Kepolisian dari Polres Bantaeng, saat melaukan olah TKP di Masjid Nurul Amin.

BANTAENG, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Tempat ibadah Masjid Nurul Amin yang terletak di Kelurahan, Bonto Lebang, Kecamatan Bissappu, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan diduga dibakar Orang Tak Dikenal (OTK), Senin, 16 Oktober 2023, Sekira pukul 3.00 WITA dini hari. Kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Meski bangunan Masjid Nurul Amin masih utuh, namun seluruh isi didalam Masjid  sebagian besar terbakar, beserta seluruh fasilitas di dalam Masjid.

Menurut pengurus mesjid, Kamaruddin, menjelaskan sejumlah barang barang inventaris Mesjid, diantaranya mimbar, sound system, AC delapan buah, karpet dan bahan bacaan jamaah habis terbakar.

"Kalau dihitung-hitung kasarnya, kerugian bisa ditaksir sekitar 200 juta rupiah," ungkap Kamaruddin.

Sementara itu, Kompol Aswar Wakapolres Bantaeng, menyampaikan bahwa Kapolres Bantaeng sudah menugaskan Kasat Reskrim dan Kasat Intelkam menurunkan tim penuh untuk menyelidiki dan mengungkap kasus ini dengan maksimal. 

"Kepada masyarakat khususnya ummat Islam agar retap tenang dan tidak terprovokasi atas kejadian ini, baik secara langsung maupun melalu media sosial apalagi saat ini tahun politik dan menyerahkan penanganannya kepada kami, pihak Polres Bantaeng," kata Wakapolres Bantaeng.

Sebelumnya, menurut pengakuan salah satu warga dilokasi kepada RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, kebakaran diperkirakan terjadi sekira pukul 3.00 Wita, Senin 16 Oktober 2023, dini hari.

"Kebakaran diperkirakan pukul 3.00, ini masjid tidak punya CCTV. saat mau ibadah shalat subuh, masjid sudah terbakar," kata salah seorang warga dilokasi.

Belum diketahui penyebab pasti penyebab kebakaran, namun berdasarkan informasi yang dihimpun, dari berbagai sumber diduga dibakar OTK.

Berdasarkan pantauan RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID dilokasi, masjid tersebut telah dipasangi garis polisi, tim penyidik dari Polres Bantaeng, terlihat masih melakukan penyelidikan dan mengumpulkan sejumlah barang bukti.

"Tim inafis sudah turun dan saat ini sedang didalami dalam tahap penyelidikan. Kejadian jam 03.10 wita," kata Kasat Reskrim Polres Bantaeng, IPTU Pandu kepada RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID. 

Setelah tim inafis Polres Bantaeng, melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP, personili dari Damkar Bantaeng dibantu masyarakat sekitar berjibaku melalukan pembersihan material di dalam Masjid Nurul Amin.  (***)

Penulis: Ahmad ZhuhriEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan