Sekda Sinjai Terima Kunjungan Tim Verlap Evaluasi PUG dari Kementerian PPPA RI

  • Bagikan

SINJAI, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten Sinjai menerima kunjungan Tim Verifikasi Lapangan (Verlap) Evaluasi pengurustamaan Gender (PUG) Tahun 2023 dari Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Selasa, 21 November 2023.

Dalam kunjungannya, Tim Verlap Evaluasi pengurustamaan Gender 2023 diterima langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai, Andi Jefrianto Asapa mewakili Pj Bupati Sinjai beserta para Pejabat Lingkup Pemkab Sinjai.

Mengawali sambutannya, Sekda menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Velap dan Evaluasi PUG di Kabupaten Sinjai.

“Ini tentu menjad sebuah kebanggaan tersendiri bagi kami karena dimana tahun ini Kabupaten Sinjai kembali akan dinilai,” sebutnya.

Ia menjelaskan bahwa sesuai instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 yang mengharuskan semua instansi Pemerintah di tingkat nasional dan daerah, untuk mengarustamakan gender ke dalam perencanaan, implementasi, monitoring dan evaluasi seluruh kebijakan dan program.

Sejauh ini, kata Sekda, Pj Bupat Sinjai telah menitipkan kepada para kepala OPD untuk membantu pelaksanaan kegiatan pengarusutaman gender, agar Sinjai tetap mempertahankan kategori utama dalam penganugrahan Anugrah Parahita Ekapraya (APE).

Sementara itu perwakilan Tim Verlap Evaluasi PUG dari Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Davip Arya Bima mengungkapkan bahwa kunjungan ini selain sebagai bentuk silaturahmi juga untuk melihat lebih dalam lagi bagaimana output, dan outcome program kegiatan tahun 2021, dan 2022 dalam implementasi pengarusutamaan gender di Kabupaten Sinjai.

Usai penerimaan tim verlap dan evalusi PUG tersebut, Sekda Sinjai memaparkan hasil evaluasi mandiri APE Kabupaten Sinjai tahun 2023. Kemudian dilanjutan dengan diskusi dan terakhir kunjungan kesejumlah lokus.

Sekadar diketahui, Pemkab Sinjai sendiri telah mengikuti APE sebanyak tiga kali dan berhasil meraih penghargaan, seperti di tahun 2016 kategori Madya, 2018 Kategori Utama, dan tahun 2020 kategori Utama.

APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

Pada kesempatan itu turut dihadiri perwakilan lembaga atau organisasi yang menjadi lokus penilaian APE 2023. (mul/has/B)

  • Bagikan