Ukur Kemampuan Siswa Melalui Asesmen Bakat dan Minat

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- SMAN 7 Bulukumba melaksanakan Assesmen Bakat dan Minat (ABM) untuk siswa kelas XII, Rabu 22 November 2023. Program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) ini wajib diikuti siswa.

Kepala SMAN 7 Bulukumba, Harmini mengatakan, ABM adalah tes yang mengukur potensi siswa untuk memprediksi kemampuan dan minat pada bidang tertentu. Pelaksanaan ABM didampingi oleh proktor dan guru pengawas.

"Assesmen ini merupakan bagian integral dari upaya sekolah untuk membimbing siswa menuju pemilihan jalur pendidikan yang sesuai dengan minat dan potensi mereka," ungkapnya, Rabu 22 November 2023.

Lebih lanjut Harmini menjelaskan, kegiatan ini merupakan langkah awal membantu siswa mengenal diri mereka sendiri. Sekaligus merencanakan masa depan pendidikan mereka. 

Selain itu juga membantu siswa menentukan jurusan yang dipilih ke jenjang perguruan tinggi. Terlebih untuk masuk perguruan tinggi jalur prestasi yang memerlukan nilai mata pelajaran utama dan pendukung.

"Kami berharap dengan assesmen ini, siswa dapat mengenal potensi dan minat yang ada pada dirinya," harapnya.(*)

Penulis: SumEditor: Suparman
  • Bagikan