13 Ribu Kunjungan Wisatawan ke Bira selama Libur Natal

  • Bagikan
Gerbang masuk kawasan wisata Bira pada Senin, 25 Desember 2023

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Kawasan wisata Tanjung Bira mencatat lebih dari 13 ribu wisatawan yang berkunjung selama periode libur Natal dari 23 hingga 26 Desember 2023.

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bulukumba mencatat 13.123 kunjungan, dengan rincian 10.513 wisatawan lokal, 2.601 wisatawan anak-anak, dan 9 wisatawan mancanegara. Retribusi masuk yang diperoleh mencapai lebih dari 184 juta rupiah.

Jumlah kendaraan yang masuk juga tercatat sebanyak 2.666, dengan rincian 2.038 mobil, 559 sepeda motor, dan 69 bis. Retribusi kendaraan yang diperoleh kurang lebih 24 juta rupiah.

Kepala Disparpora Bulukumba, Feriawan Z Fahmi, menyampaikan bahwa kunjungan wisata di Bira masih berpotensi bertambah menjelang pergantian tahun.

Olehnya kolaborasi dengan TNI dan Polri terus dioptimalkan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung di kawasan Bira.

"Pihak Disparpora juga memaksimalkan petugas di gerbang masuk untuk mengurangi kepadatan kendaraan yang mengantri masuk ke kawasan Bira," kata Feri.

Selain fokus pada keamanan dan ketertiban, Disparpora Bulukumba akan menghibur pengunjung dengan menghadirkan panggung musik di kawasan wisata Bira pada malam tahun baru.

"Insya Allah, pada tahun baru, Disparpora akan menghibur pengunjung di Tanjung Bira dengan menampilkan Band Lokal dan beberapa tampilan seni lainnya," janji Feriawan.

Meningkatnya kunjungan wisatawan di kawasan Bira Bulukumba ini menguntungkan bagi pelaku usaha dalam kawasan Bira khususnya usaha penginapan.

Salah satunya Penginapan Dafandra Beach yang mencatat kurang lebih 200 pengunjung selama liburan Natal 2023 ini.

"Sekitar 50 orang setiap malamnya ,berarti sekitar 200 orng selama 3 hari," papar Andi Ainul, pemilik Penginapan Dafandra Beach.

Andi Ainul mengungkapkan bahwa dalam momentum libur ini, pihaknya juga menaikkan tarif penginapan yakni mulai Rp. 400 ribu hingga Rp. 600 ribu, jika dibandingkan dengan harga hari biasa mulai Rp. 300 ribu sampai Rp. 500 ribu.

"Jumlah kamar di sini (Dafandra Beach) 20 kamar, semua full tiap hari selama libur ini, dan tentu harga kamar juga naik," imbuh Ainul. ****

  • Bagikan