Besse Paikah, Guru Bergelar Doktor dengan Segudang Penghargaan di Bidang Literasi

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dr. Besse Paikah, S. Pd., M. Pd., merupakan salah satu guru sekaligus akademisi yang aktif di dunia pendidika. Perempuang yang mengajar di SMAN 7 Bulukumba ini telah berhasil mengumpulkan puluhan penghargaan di bidang literasi.

Perempuan kelahiran Peneki, 1 Januari 1968 menyebutkan, hingga saat ini, ada sekitar 80 penghargaan yang telah diraihnya mulai tingkat kabupaten hingga nasional.

"Penghargaan terakhir di bulan Desember 2023 lalu. Alhamdulillah saya mememangkan lomba menulis buku tingkat nasional dengan judul Refleksi, Inovasi, dan Prestasi yang diselenggarakan oleh Media Guru Indonesia periode Desember 2023," beber Besse Paika, Senin 1 Januari 2024.

Ika sapaan akrabnya menyebutkan beberapa deretan penghargaan yang telah diraih. Di antaranya, pemenang lomba menulis buku tingkat nasional dengan judul, "Membaca untuk Hidup, Kelas Menulis Majalah Literasi Indonesia XI", pemenang lomba menulis buku cerpen dengan judul "Makhluk Hitam Berbulu Lebat di Atas Lemari" dalam program Noelis Bareng Pemred edisi Mei 2023.

Kemudian diprogram yang sama ia kemabalo memeangmkan lomba menulis cerpen dengan judul "Suatu Hari Bersama Bapak" edisi September 2023.

"Penghargaan yang saya raih ini tentu tidaklah mudah. Juga tidak lepas dari dukungan dan support dari pihak sekolah, dan keluarga," ungkapnya.

Ika membeberkan kiat-kiat mencapai prestasi tersebut, yakni rajin menuli. Bahkan ia mengaku menjadikan hobi menulisnya sebagai aktifitas sehari-hari. Selain itu, ia aktif mengikuti kompetisi serta memperbanyak kolega dan kolaborasi.

"Hal yang menjadi inspirasi dan motivasi untuk meraih penghargaan tersebut adalah ingin menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain. Belajar sepanjang hayat agar apa yang diperoleh dapat disebar luaskan dan bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi yang lain,"  tambahnya.

Guru yang juga pernah menjadi dosen di salah satu perguruan tinggi swasta di Bulukumba ini juga menceritakan, hingga saat ini ia telah menerbitkan puluhan buku. Di antaranya buku berjudul Inspirasi dari Sang Doktor, Narasiku Menjadi Inspirasi, Karya Opini dan Esai Majalah Literasi Indonesia Pajangkan Karya Sastra Bukan, Sinopsis Perkemahan Ilmiah Remaja sebagai Upaya Peningkatan Literasi, Di Bawah Kaki Hujan.

Kemudian, Kita Berbagi Tawa meski Rindu sedang Tidak Baik-Baik saja (Agustus 2023), Suatu Hari Bersama Bapak (September 2023), Jika Aku Tak Sanggup Berucap Mesra denganmu, Semoga Rindu Ini Tidak Bertepuk Sebelah Tangan (Oktober 2023), Dilema Guru dalam Pusaran Politik (Edisi Khusus, November 2023) dan lain beberapa judul buku lainnya.

"Dengan pencapaian ini semoga generasi muda mencintai literasi melalui menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Dengan menggeluti literasi generasi muda menghindari diri dari karakter a moral. Yang tercipta adalah generasi emas.(**)

------------------

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Nama             : Dr. Besse Paikah, S. Pd., M. Pd.

Tempat, Tanggal Lahir : Peneki, 1 Januari 1968

Agama             : Islam

Pekerjaan : Guru SMAN 1 Gangking (eks     SMAN 7Bulukumba)

Pangkat, Golongan     : Pembina, IV / b

Alamat : BTN Cabalu Permai Blok C 4/22 Desa Paenre Lompo Kecamatan Gantarang Kab. Bulukumba.

Riwayat Pekerjaan: 

Guru SMAN 1 Gangking eks (SMAN 7 Bulukumba) 1994 sampai sekarang,

Dosen Luar Biasa STKIP Muhammadiyah dari tahun 2002 sampai 2015,

Guru Kelas Unggulan Kabupaten Bulukumba dari tahun 2002 sampai 2006.

  • Bagikan