LPPTKA-BKPRMI Sinjai Gelar Festival Anak Sholeh Indonesia dan Jambore Anak Islami

  • Bagikan

SINJAI, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Perhelatan Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) Ke-12 dan Jambore Anak Islami (JAMAIS) Ke-2 yang digelar Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-kanak Al Quran – Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (LPPTKA-BKPRMI) Kabupaten Sinjai resmi dimulai.

Dimulainya FASI dan JAMAIS ini ditandai saat pelaksanaan seremoni pembukaan di Masjid Islamic Center Tanassang, Kecamatan Sinjai Utara, Minggu, 31 Desember 2023.

Ajang yang dilaksanakan dipenghujung 2023 ini akan berlangsung selama 3 hari, mulai dari 31 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 mendatang.

Ketua panitia FASI dan JAMAIS, Ustadz Ardi menuturkan, even tersebut digelar setiap sekali dalam 3 tahun yang melibatkan para santri TK/TPA se-Kabupaten Sinjai.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, hingga Nasional. Khusus yang dilaksanakan saat ini, FASI dan JAMAIS LPPTKA-BKPRMI Sinjai diikuti 499 santri.

“Ajang ini sebagai wadah untuk mengukur dan melihat sejauh mana kemampuan santri yang sejauh ini telah dibina di masing masing unit LPPTKA-BKPRMI,” jelasnya.

Sementara, Penjabat (Pj) Bupati Sinjai yang diwakili Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setdakab Sinjai, A. Irwansyahrani Yusuf mengapresiasi hadirnya FASI dan JAMAIS tersebut.

Menurutnya, penyelenggaraan FASI dan JAMAIS ini merupakan salah satu pendidikan yang tepat untuk para pembina TK/TPA dalam memperkenalkan dan menanamkan nilai Al-Qur’an kepada anak-anak.

“Ini merupakan langkah strategis agar anak-anak kita tetap tumbuh berkembang menjadi generasi penerus insan qur’ani yang sholeh, sholehah, berakhlak mulia, sehat cerdas, kreatif, mandiri dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Olehnya itu, rasa terima kasih kami haturkan kepada BKPRMI yang telah mewadahi anak-anak kita dengan kegiatan seperti ini,” tuturnya.

Sekadar informasi, ada beberapa perlombaan yang dilaksanakan untuk FASI, diantaranya lomba Tartil Al-Qur’an, Tilawah Al-Qur’an, adzan dan iqomat, tahfidz juz amma, peragaan salat, ikrar dan puitisasi terjemah Al-Qur’an, syarhil qur’an, nasyid islami, cerdas cermat Al-Qur’an, kisah islami, lomba menggambar, lomba mewarnai, kaligrafi, serta ceramah agama bahasa Indonesia.

Adapun untuk JAMAIS, perlombaan yang digelar yakni sepakbola mini, lomba rangking I, tarik tambang, menyusun huruf hijaiyah, menyusun surah-surah pendek, dan lomba menu sehat tradisional.

Sekadar informasi, bahwa para pemenang di setiap cabang lomba FASI tersebut akan menjadi delegasi Kabupaten Sinjai untuk mengikuti ajang FASI tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang akan berlangsung di Kabupaten Bantaeng. (mul/has/C)

Penulis: BASO MAREWAEditor: HASWANDI ASHARI
  • Bagikan