Pesepak Bola Bulukumba Dipanggil Indra Sjafri Ikut TC Timnas U-20, Bawa Nama Persiban Bantaeng

  • Bagikan
Fery Jamsir, pemain asal Bulukumba dalam TC Timnas U-20 di Jakarta

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Andi Fery Jamsir putra Bulukumba yang saat ini tercatat sebagai pemain Persiban Bantaeng dipanggil dalam pemusatan latihan atau Training Center (TC) Tim Nasional (Timnas) sepak bola Indonesia usia 20 tahun (U-20) di Jakarta.

Remaja asal Allu, Desa Tamatto, Kecamatan Ujung Loe itu telah bergabung bersama 33 pesepak bola muda tanah air lainnya yang dipanggil oleh Coach Indra Sjafri.

Siswa kelas XII di SMA 9 Ujungloe tersebut sudah mulai bergabung dalam pemusatan latihan sejak 1 Januari 2023. selain latihan, Fery dan teman-temannya di Timnas menjalani sejumlah rangkaian tes dari tim pelatih sebelum ditetapkan sebagai pemain resmi Timnas.

Andi Fery yang merupakan putra dari pasangan suami istri Jamsir dan Andi Jumrah merupakan binaan dari klub sepak bola Desa Tamatto, Persita Tamatto, sebelum bergabung ke Persiban Bantaeng untuk kompetisi Liga 3.

Di Persiban Bantaeng lah bakat remaja kelahiran 20 Maret 2005 itu tercium oleh tim kepelatihan Timnas U-20, dan akhirnya diajak untuk menguji bakatnya dalam TC Timnas di Jakarta.

Bripka Nirsal anggota Polres Bulukumba yang selama ini aktif membina persepakolaan di Desa Tamatto selaku salah satu yang berkontribusi besar terhadap karir dari Fery sampai sejauh ini.

Sejak bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Desa Tamatto pada 2019 lalu, Nirsal telah mencium bakat dari Fery dan mengasah bakatnya sebagai pesepak bola handal.

"Fery ini memang pemain yang bisa bermain di beberapa posisi. Bisa bermain baik sebagai striker nomor sembilan, juga mampu berposisi penyerang sayap," ungkap Nirsal kepada RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID pada Selasa, 2 Januari 2023.

Perjuangannya membina pesepak bola muda di Tamatto berbuah hasil. Setelah sebelumnya salah satu binaannya juga dipanggil memperkuat Tim PON Sulsel, kini ada lagi binaannya yang mendapatkan kesempatan untuk memperkuat Garuda Muda, ialah Andi Fery.

"Ini juga berkat binaan dari ketua Askab Bantaeng, dr. Nizar yang awalnya memanggil Fery untuk memperkuat Persiban Bantaeng, di sana bakatnya tercium dan dipanggil dalam TC Timnas," ungkap Iccank sapaan Nirsal.

Kendati demikian, Iccank merasa sangat bangga karena anak binaannya dapat menciptakan sejarah sebagai putra pertama Bulukumba yang dipanggil dalam TC Timnas.

"Tentu kami bangga, semoga ini membuka jalan bagi pesepak bola Bulukumba lainnya untuk dapat berprestasi bukan hanya di tingkat lokal tetapi juga di nasional maupun internasional," harap Iccank.

Iccank juga menyampaikan terimakasih kepada Ketua Askab PSSI Bantaeng, dr.Nizar yang telah membimbing Fery sehingga berkesempatan membela Timnas U-20.

Diketahui, Tim U-20 Indonesia memulai latihan perdana di lapangan pada pemusatan latihan (TC) Jakarta, pada Senin, 1 Januari 2024.

TC Jakarta dimulai sejak 30 Desember hingga 28 Januari mendatang dan diikuti 34 pemain. Sebelumnya, skuad Garuda Nusantara telah menyelesaikan TC di Qatar sejak 22 Desember lalu.

"Setelah dari Qatar, kita melanjutkan pemusatan latihan di Jakarta yang diikuti 34 pemain. Jadi seusai TC Qatar kita sudah melakukan promosi (pemanggilan) dan degradasi (pemulangan) untuk pemain. Kita ingin melihat potensi-potensi lainnya, kita akan lakukan sejumlah tes kemampuan untuk pemain di pemusatan latihan di Jakarta," kata pelatih Indra Sjafri dilansir dari situs resmi PSSI.

"Kita juga terapkan sistem promosi (pemanggilan) dan degradasi (pemulangan) pemain setiap pekannya. Selama pemusatan latihan di Jakarta, selain latihan dan sejumlah tes, kita rencanakan 2-3 kali program uji coba," tambah Indra Sjafri.

Pada tahun 2024, Garuda Nusantara akan melakoni beberapa turnamen seperti Piala AFF U-19 2024, Kualifikasi Piala AFC U-20 2025, dan ingin lolos ke Piala Dunia U-20 2025 mendatang. ****

======

Nama: Andi Fery Jamsir
Kelahiran: Bulukumba, 20 Maret 2005
Asal: Desa Tamatto, Kecamatan Ujung Loe, Kabupaten Bulukumba
Asal Sekolah: SMAN 9 Bulukumba
Nama Orang Tua
Bapak: Jamsir
Ibu: Andi Jumra
Karir:
* SSB Persepal
* Persita Tamatto
* Gasiba U-17 Soeratin
* Persiban Bantaeng Liga 3
Posisi: Striker, Winger

======

Daftar 34 Nama Pemain TC Tim U-20 Indonesia Tahap 2 di Jakarta

1. Ikram Algiffari, Semen Padang
2. Rifky Tofani, PPLP DKI Jakarta
3. Andrika Fathir, Borneo FC
4. Dony Tri, Persija
5. Alexandro Felix, Barito Putera
6. Kadek Arel, Bali United
7. Sulthan Zaky, PSM
8. M Iqbal Gwijangge, Barito Putera
9. Muhammad Ibrah, Persija
10. Muhammad Syamsul, Persikabo
11. Muhammad Mufli, PSM
12. Arlyansyah Abdulmanan, Persija
13. Ji Da Bin, ASIOP
14. Muhammad Kafiatur, Dewa United
15. M Riski Afrisal, Madura United
16. Ferre Murari, Bhayangkara FC
17. M Nabil Asyura, Persija
18. Rizdjar Nurviat, Borneo FC
19. Hugo Samir, Borneo FC
20. Fitrah Maulana, Persib
21. Zaky Abdul, Dewa United
22. Habib Hidayatullah, Dewa United
23. Arkhan Kaka, Persis
24. M Ghozali, PS Siak
25. Fahri Akbar, Dewwa United
26. Muhammad Ragil, Bhayangkara FC
27. A Fery Jamsir, Persiban Bantaeng
28. Dani Saputra, Garudayaksa Academy
29. Muhammad Rayhan, Kwarta
30. Figo Dennis, Persija
31. Tony Firmansyah, Persebaya
32. Habil Abdillah, PPLP Jawa Tengah
33. Genta Saifulloh, PSP
34. Raheem Nugraha, Bhayangkara FC.

(Sumber: PSSI)

  • Bagikan